Gerakan Nasional Anti Narkotika
National Anti-Drug Movement
flags/gb.png flags/id.png

Frequently Asked Questions

  1. Apa yang dimaksud dengan Narkoba?

    Banyak istilah yang digunakan untuk menjelaskan masalah ini. Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan bahan-bahan berbahaya. Sedangkan Napza adalah singkatan dari narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya.

  2. Bagaimana penjelasannya?

    Golongan narkotika terdiri dari ganja, kokain, morfin dan heroin. Psikotropika adalah semua bahan / obat yang dapat mempengaruhi jiwa, seperti metamphetamin, zat-zat yang menimbulkan efek sedatif / hipnotik dan halusinogenik. Bahan berbahaya lainnya adalah alkohol yang terdapat dalam minuman keras. LSD (Lysergic Dyethilamide), sementara zat adiktif lainnya meliputi lem dan bahan pelarut. Semua bahan-bahan ini berpotensi menimbulkan ketergantungan.

  3. Bagaimana cara kerja narkoba di dalam tubuh?

    Narkoba digolongkan dalam 3 bagian, tergantung pada efek yang ditimbulkannya terhadap tubuh : 1. Depresan : bekerja menekan fungsi kesadaran dan menenangkan, seperti golongan opiat (morfin, petidin, kodein, heroin/putaw). Inhalan (zat yang dihirup) seperti lem, tinta, thinner/pengencer cat, dan alkohol. 2. Stimulan : bekerja memacu kerja susunan sistem saraf pusat seperti rokok, amphetamin, metamphetamin alias shabu-shabu, MDMA (metilen dioksi metamphetamin) alias ecstasy, dan kokain 3. Halusinogen : bekerja menimbulkan efek halusinasi / khayalan seperti ganja, mariyuana, LSD dan magic mushroom.

  4. Apakah heroin itu?

    Heroin dikenal juga dengan nama putaw, putih, bedak, PT, etep * merupakan zat penghilang rasa nyeri yang sangat kuat * jenis yang populer di Indonesia adalah putaw (heroin kelas 5 atau 6) * dibuat dalam bentuk serbuk / larutan * heroin akan sangat cepat “mengikat” dirimu secara fisik dan mental * heroin bikin kamu jadi bodoh dan lamban serta merusak konsentrasi * zat ini paling sering meninmbulkan kematian akibat Over Dosis (OD) * pemakaian heoin melalui jarum suntik kotor yang dipakai bergantian akan meningkatkan risiko terinfeksi HIV/AID.

  5. Tanda โ€“ tanda orang ketagihan heroin?

    * rasa sakit yang sangat hebat * kejang – kejang, keram perut dan menggelepar * gemetar dan muntah – muntah * hidung berlendir dan mata berair * kehilangan nafsu makan * kekurangan cairan tubuh

  6. Bagaimana dengan kerusakan yang ditimbulkan oleh inhalen?

    * inhalen adalah zat yang terdapat pada lem dan pengencer cat (thinner) * penggunaannya dengan cara dihirup, dapat mengakibatkan kematian mendadak seperti tercekik (Sudden Sniffing Death Syndrome) * dapat merusak pertumbuhan dan perkembangan otot, syaraf dan organ tubuh lain * menghirup sambil menggunakan obat anti depresi seperti obat penenang, obat tidur, alkohol akan meningkatkan resiko Over Dosis dan menyebabkan kematian * bila pengguna melakukan aktivitas normal seperti berlari atau berteriak, dapat mengakibatkan kematian karena gagal jantung

  7. Akibat menggunakan inhalen?

    * kerusakan hati dan ginjal * kehilangan ingatan, tidak dapat berfikir * sakit maag, mual dan muntah * mudah berdarah dan memar * kerusakan sistem syaraf utama * sakit pada waktu buang air kecil * kejang – kejang otot * batuk – batuk

  8. Bagaimana dengan Amphetamin (amphet)?

    * biasanya berbentuk pil, kapsul dan serbuk * memberikan rangsangan bagi perasaan manusia * salah satu jenis amphetamin adalah metamphetamin yang memiliki efek rangsangan kuat terhadap sistem saraf. Contohnya adalah ice, shabu, dll * pemakai akan terikat secara fisik dan mental * amphetamin akan merangsang tubuh melampaui batas maksimum dari kekuatan fisik * kamu tetap merasa aktif walaupun tubuh sudah sangat lelah * jika tubuh tidak dapat lagi menanggung beban, kamu dapat pingsan dan mati karena kelelahan

  9. Akibat menggunakan Amphetamin?

    * penurunan berat badan * kelihatan seperti kurang tidur * denyut nadi tidak beraturan * pingsan karena kelelahan * tekanan darah tinggi * paranoid yang parah (parno)

  10. Apakah Shabu itu?

    Shabu dikenal juga dengan nama kristal, ubas, SS, mecin. * bentuknya seperti kristal, tidak berbau dan tidak berwarna * mengakibatkan efek yang kuat pada sistem saraf * pemakai akan bergantung secara fisik dan mental * penggunaan terus menerus dapat merusak otot jantung, bahkan kematian * memicu kerja tubuh melampaui ambang batas kekuatan fisik * pemakai merasa fly dengan perasaan enak yang bersifat sementara lalu berangsur-angsur mengakibatkan kegelisahan luar biasa * efek langsung penggunaannya menjurus pada perilaku kekerasan * dapat menyebabkan impotensi * overdosis mengakibatkan kerusakan lever dan paru-paru bahkan kematian.

  11. Apakah akibatnya jika menggunakan shabu?

    * berat badan menyusut * kejang – kejang * kerusakan ginjal dan jantung * impoten * halusinasi dan paranoid * serangan jantung * kematian

  12. Apakah Ecstasy itu?

    Ecstasy dikenal juga dengan nama Inex, I, kancing, disco biscuit. Dibuat dalam bentuk tablet dan kapsul. Selain itum ectassy juga merupakan zat kimia berbahaya yang sering dicampur sehingga berakibat buruk bagi tubuh, seperti campuran insektisida, pil KB, bahkan zat-zat kimia yang tidak diketahui. Ectassy jugadiproduksi secara ilegal di laboratorium dan dapat mendorong tubuh melakukan aktivitas yang melampaui batas maksimum. Aktivitas yang berlebihan mengakibatkan tubuh kekurangan cairan, maka pemakai dapat meninggal karena terlalu banyak minum air akibat rasa hausnya Ecstasy menyebabkan denyut nadi cepat, serta menimbulkan paranoia dan halusinasi.

  13. Akibat menggunakan ecstasy?

    * diare * hiperaktif * denyut nadi yang sangat cepat, gemetar tak terkontrol * kehilangan selera makan, mual dan muntah * rasa haus yang amat sangat * sakit kepala dan pusing – pusing

  14. Apakah Ganja itu?

    Ganja dikenal juga dengan nama cannabis, mariyuana, cimeng, hashish, rumput / grass, pot. Terdapat dalam bentuk daun segar, daun kering, lintingan seperti rokok, dan serbuk. * menimbulkan efek halusinasi / khayalan * dapat membuat ketagihan secara mental * pikiran menjadi lamban dan bodoh * mempengaruhi konsentrasi dan ingatan * kemampuan belajar menjadi turun * sering kali pengguna mencari obat-obatan lebih keras dan lebih mematikan * mengandung bahan kimia delta-9 tetrahydrocannabinol (THC) yang dapat memengaruhi pemakai dalam cara melihat dan mendengar hal – hal disekitarnya * survey membuktikan bahwa pemakaian ganja dalam waktu panjang dapat menyebabkan schizophrenia atau kegilaan.

  15. Akibat menggunakan ganja?

    * meningkatkan denyut nadi, keseimbangan dan koordinasi tubuh yang buruk * ketakutan, kebingungan * depresi, halusinasi

  16. Emangnya apa sih pengaruh narkoba buat kita?

    Sebagian besar kita memahami kecanduan atau adiksi hanya sebatas rasa sakit yang terjadi pada seorang pecandu, padahal dampaknya bukan hanya pada diri orang tersebut, tapi juga pada orang di sekitarnya seperti ayah, ibu, kakak, adik, pacar, suami atau istri pecandu, bahkan juga terhadap keluarga besar dan teman-teman sekolah atau kuliahnya.

  17. Apa hubungannya dengan kelakuan kita sehari-hari?

    Pecandu biasanya akan memperlihatkan perilaku yang tidak dapat diterima oleh orang disekelilingnya seperti menjadi malas, suka bohong, mencuri, dll.

  18. Kenapa kita mesti menjauhi narkoba?

    Karena dampaknya berakibat sangat buruk bagi diri kita sendiri dan keluarga serta pasangan kita. Dampak ini berlangsung sejak kita mulai menggunakannya, hingga seumur hidup kita. Bukan hanya dari segi kesehatan, tapi juga dari segi psikologis, sosial, ekonomi, dll.

  19. Bagaimana caranya biar gak terjerumus narkoba?

    Yang jelas kita harus mengerti dulu tentang jenis – jenis narkoba, dan dampak dari pemakaiannya bagi tubuh kita. Bila sudah paham, pikirkanlah baik-baik sebelum mengambil keputusan. Hidup ini penuh dengan pilihan-pilihan, karena itu pilihlah yang terbaik untuk hidupmu.

  20. Apa sih tanda-tandanya kalau orang mulai kecanduan narkoba?

    Tanda-tanda ini bisa menjadi salah satu petunjuk untuk mengenali seorang pemakai, tapi bisa saja terjadi bahwa tanda-tanda ini terjadi karena pengaruh lain. Tanda-tanda itu adalah sebagai berikut: * terlalu sensitif, menjadi kasar dan tidak sopan * cepat bosan dan pelupa * suka berbohong, suka menyendiri dan penuh rahasia * bicaranya ngga nyambung, kadang tertawa atau menangis tanpa alasan * tidak peduli pada kebersihan tubuh atau penampilan * jorok, malas mandi, ekspresi wajah kuyu, muka pucat, mata merah * prestasi belajar sangat menurun * gampang curiga pada setiap orang (paranoid) * sering pilek, batuk dan menguap * nafsu makan hilang / meningkat / tidak teratur * kadang hiperaktif dan bertingkah menarik perhatian * kebutuhan uang meningkat, tapi sering kehabisan uang * mencuri kecil-kecilan maupun besar-besaran


Facebook

Maraknya peredaran narkoba yang masuk ke wilayah Provinsi Riau merupakan tugas baru bagi Kapolda Riau, Brigjen Pol Nandang dalam menanganinya. Tentunya ini jadi 'pekerjaan rumah' yang harus diselesaikan hingga tuntas.


Sabtu, 14 Oktober 2017 18:06
2 |
Perdebatan Hukuman Mati Sudah Selesai Sejak Diputuskan MK tahun 2007


Sabtu, 14 Oktober 2017 18:06
18 |
GRANATs Delegation to the inaugural Asia-Pacific Forum Against Drugs (APFAD), Singapore, 27 August 2015 GRANAT is a short for National Movement Against Narcotics, initiated by big name individuals and public figures from diverse background. Its advisors and administrators are consisted of lawyers, businessmen, congressmen to military/police seniors. As a public movement, GRANAT aims to address the problems of illicit drug trafficking and substance abuse occurring in Indonesian society today. Since its establishment in 1999, GRANATs proactive movement has received widespread public support and has been able to set up its representative organisatation at the rural and provincial level. It has since become a major grassroots anti-drugs movement in Indonesia. GRANATs mission is to assist government efforts on, among others: 1. Preventing illegal entry of illicit drugs to Indonesia; 2. Curb trafficking of the illicit drugs throughout the country; 3. Preventing drug abuse through continues campaign on anti drugs; 4. Help addicts to get back into their normal life. GRANAT has main five Work Programmes, which includes: organisational development and membership, executive administration and implemetation, information sharing (media and campaign), advocacy (public hotline, public watch, counselling), research and development. All programmes are being implemented simultanously and synergically, reinforcing one another in order to speed up the achievement of GRANATs main goals. In line with its organisational mission/vision and Work Programmes, GRANAT has been supporting and working towards the following features, among others: Supporting the cooperation on drug prevention program among countries in the Asia Pacific region and beyond, especially preventing the young generation from illicit drug abuse. Further, eradicating illicit drug and human trafficking coming from the foreign port of origin (i.e. seap)
Sabtu, 30 September 2017 22:10
6 | 3 |
Buat Koruptor Teroris n Bandar Narkoba .


Sabtu, 29 Juli 2017 04:04
11 | 11 |
Dampak Negatif Akibat Dari Pada Penyalah Gunaan Phisikotropika Jenis Sabu Menurut : Dr. Djeffi R Djamaluddin Adalah " Phisikotik Organik " Dapat Menyebabkan Kerusakan Pada Organ Tubuh Hati Dan Lever Manusia Adalah Satu Bila Mendapat Gangguan Lever Tidak Cepat Diobati Menyebabkan Kerusakan Pada Hati Dan Bisa Berakibat Meninggal Dunia Orang Yg Menderita Gangguan Lever /Sakit Kuning Disebabkan Karna Kecapekan Dan Kurang Istrahat, Pengguna Sabu Umumnya Tidak Bisa Tidur hingga dua atau tiga hari. Dan Hilangnya Nafsu Makan, Sangat Jelas Disini Akan Menderita Gangguan Lever /Kerusakan Pada Hati, Efek Sesaat Saat Gunakan Sabu: (a) Menyebabkan Menjadi Bersemangat (b) Tidak Bisa Tidur (c) Hilangnya Nafsu Makan (d)Gelisah Tidak Bisa Diam/ Hiperaktivitas (e) Halusinasi (f)Paranoid (g) Gangguan Penglihatan (h) Akserasi Detak Jantung Tidak Normal, Dan Tekanan Darah Sampai Batas Tidak Normal Memicu Serangan Jantung, (i) Kejang Yg Fatal Berakibat Kematian (j) Bangkitkan Birahi " Saat Tidak Gunakan Sabu" (a) Cepat Marah (b) Cepat Lelah (c) Tidak Tenang (d)Tidak Bersemangat Lemas, Ingin tidur Terus "Bahaya Jangka Pendek" (a) Pola Tidur Terganggu (b) Gangguan Pernafasan (c) Hilang Kekuatan (d) Hilangnya Nafsu Makan (e) Agresifitas Meningkat (f) Kehilangan Kesadaran/Kehilangan akar Sehat Dan Logika (g) Halusinasi (h) Paranoid (i) Imsonia (J) Kejang Yg Fatal Berakibat Kematian (k) Tulang Rapuh/Tulang Keropos (L) Gangguan Penglihatan " Bahaya Jangka Panjang " (a) Akselerasi Detak Jantung Tidak Normal, Naiknya Tekanan Darah Naik Hingga Dibatas Tdk Normal Memicu Serangan Jantung (b) Pengrusakan Pembuluh Darah Berakibat Stroke (c) Kerusakan Pada Hati, Ginjal Dan Paru Paru (d) Phisikosis (e) Stroke (f) Tulang Keropos/Tulang Rapu (g) Menyebabkan Ketergantungan (g) Perubahan Karakter manusia. Menjadi Orang Yang Egois. (h)Gangguan Kejiwaan dapat menyebabkan Gila Menurut Hasil Surve Dilapangan Para Pengguna Sabu Meninggal Dunia Akibat Menderita Gangguan Lever/ Sakit Kuning, Kerusakan Pada Hati, Ginjal Akselerasi Detak Jantung Tidak Nolmar, Tekanan darah Naik, Hingga Batas Tidak Nolmar, Memicu Serangan Jatung dan mengakibatkan meninggal dunia. Dan Ditemukan ada yg meninggal Dunia dengan Kejang Yg Fatal Mulut Berbusa dan meninggal dunia, Ciri-Ciri : Yg Menderita Ganguan Lever/Sakit Kuning Wajah Dan Sekujur Tubuh Warna kuning, Ciri Ciri: Kerusakan Pada Ginjal Sulit untuk Berjalan Dan Duduk Ciri Ciri : mengalami kerusakan Pada Hati adalah Kaki bengkak dan Perut bengkak. Mengakibatkan meninggal Dunia Pengguna Sabu Jangka panjang Penyalah gunaan Phisikotropika jenis Sabu, mengakibatkan, ganguan pada kejiwaan /Gila Cintailah Diri Sendiri Jauhi Dari Bahaya Penyalah Gunaan Narkotika Dan Phisikotropika, Salah satu Upaya Pencegahan Dari Pada Penyalah Gunaan Narkotika dan Phisikotropika. Berikan Pemahaman secara benar.Tepat dan Akurat Kepada Keluarga. Dan Saudara saudara kita. Lingkungan sekitar dan lingkungan Pendidikan. Atau Para Ulama Akibat dari pada Penyalah Gunaan Narkoba. Kasih sayang dan perhatian dari orang tua terhadap anak anaknya sangat Penting. Aktif berkomunikasi. Sehingga kita mengetahui apa yang sedang dialami oleh anak. Dan apa yang menjadi keluhan pada anak. Sehingga kita dapat mengambil suatu kebijakan Pastikan Anak anak jauh dari pada Pengaruh lingkungan Penyalah gunaan Narkoba. Dari sahabat sekolah hingga teman bermain sehari hari. Pengaruh lingkungan narkoba dapat mengakibatkan sang anak menjadi seorang pengguna narkoba Penulis :Jhon HendrySw Editor : Jhon Hendry Sw


Rabu, 27 September 2017 05:05
1 |
Dampak Negatif Akibat Dari Pada Penyalah Gunaan Phisikotropika Jenis Sabu Menurut : Dr. Djeffi R Djamaluddin Adalah " Phisikotik Organik " Dapat Menyebabkan Kerusakan Pada Organ Tubuh Hati Dan Lever Manusia Adalah Satu Bila Mendapat Gangguan Lever Tidak Cepat Diobati Menyebabkan Kerusakan Pada Hati Dan Bisa Berakibat Meninggal Dunia Orang Yg Menderita Gangguan Lever /Sakit Kuning Disebabkan Karna Kecapekan Dan Kurang Istrahat, Pengguna Sabu Umumnya Tidak Bisa Tidur hingga dua atau tiga hari. Dan Hilangnya Nafsu Makan, Sangat Jelas Disini Akan Menderita Gangguan Lever /Kerusakan Pada Hati, Efek Sesaat Saat Gunakan Sabu: (a) Menyebabkan Menjadi Bersemangat (b) Tidak Bisa Tidur (c) Hilangnya Nafsu Makan (d)Gelisah Tidak Bisa Diam/ Hiperaktivitas (e) Halusinasi (f)Paranoid (g) Gangguan Penglihatan (h) Akserasi Detak Jantung Tidak Normal, Dan Tekanan Darah Sampai Batas Tidak Normal Memicu Serangan Jantung, (i) Kejang Yg Fatal Berakibat Kematian (j) Bangkitkan Birahi " Saat Tidak Gunakan Sabu" (a) Cepat Marah (b) Cepat Lelah (c) Tidak Tenang (d)Tidak Bersemangat Lemas, Ingin tidur Terus "Bahaya Jangka Pendek" (a) Pola Tidur Terganggu (b) Gangguan Pernafasan (c) Hilang Kekuatan (d) Hilangnya Nafsu Makan (e) Agresifitas Meningkat (f) Kehilangan Kesadaran/Kehilangan akar Sehat Dan Logika (g) Halusinasi (h) Paranoid (i) Imsonia (J) Kejang Yg Fatal Berakibat Kematian (k) Tulang Rapuh/Tulang Keropos (L) Gangguan Penglihatan " Bahaya Jangka Panjang " (a) Akselerasi Detak Jantung Tidak Normal, Naiknya Tekanan Darah Naik Hingga Dibatas Tdk Normal Memicu Serangan Jantung (b) Pengrusakan Pembuluh Darah Berakibat Stroke (c) Kerusakan Pada Hati, Ginjal Dan Paru Paru (d) Phisikosis (e) Stroke (f) Tulang Keropos/Tulang Rapu (g) Menyebabkan Ketergantungan (g) Perubahan Karakter manusia. Menjadi Orang Yang Egois. (h)Gangguan Kejiwaan dapat menyebabkan Gila Menurut Hasil Surve Dilapangan Para Pengguna Sabu Meninggal Dunia Akibat Menderita Gangguan Lever/ Sakit Kuning, Kerusakan Pada Hati, Ginjal Akselerasi Detak Jantung Tidak Nolmar, Tekanan darah Naik, Hingga Batas Tidak Nolmar, Memicu Serangan Jatung dan mengakibatkan meninggal dunia. Dan Ditemukan ada yg meninggal Dunia dengan Kejang Yg Fatal Mulut Berbusa dan meninggal dunia, Ciri-Ciri : Yg Menderita Ganguan Lever/Sakit Kuning Wajah Dan Sekujur Tubuh Warna kuning, Ciri Ciri: Kerusakan Pada Ginjal Sulit untuk Berjalan Dan Duduk Ciri Ciri : mengalami kerusakan Pada Hati adalah Kaki bengkak dan Perut bengkak. Mengakibatkan meninggal Dunia Pengguna Sabu Jangka panjang Penyalah gunaan Phisikotropika jenis Sabu, mengakibatkan, ganguan pada kejiwaan /Gila Cintailah Diri Sendiri Jauhi Dari Bahaya Penyalah Gunaan Narkotika Dan Phisikotropika, Salah satu Upaya Pencegahan Dari Pada Penyalah Gunaan Narkotika dan Phisikotropika. Berikan Pemahaman secara benar.Tepat dan Akurat Kepada Keluarga. Dan Saudara saudara kita. Lingkungan sekitar dan lingkungan Pendidikan. Atau Para Ulama Akibat dari pada Penyalah Gunaan Narkoba. Kasih sayang dan perhatian dari orang tua terhadap anak anaknya sangat Penting. Aktif berkomunikasi. Sehingga kita mengetahui apa yang sedang dialami oleh anak. Dan apa yang menjadi keluhan pada anak. Sehingga kita dapat mengambil suatu kebijakan Pastikan Anak anak jauh dari pada Pengaruh lingkungan Penyalah gunaan Narkoba. Dari sahabat sekolah hingga teman bermain sehari hari. Pengaruh lingkungan narkoba dapat mengakibatkan sang anak menjadi seorang pengguna narkoba Penulis :Jhon HendrySw Editor : Jhon Hendry Sw


Minggu, 24 September 2017 06:06
2 |
Kunker Sultra... pelantikan DPD Granat Sultra di Kendari


Sabtu, 23 September 2017 08:08
14 | 3 |
Catatan dari Kegiatan PELANTIKAN DPD GRANAT SULTRA 2017-2022. di Kendari.


Jumat, 22 September 2017 04:04
18 | 2 |
Selamat sore all GRANAT, semoga perjuangan untuk melawan narkotika dan sejenisnya selalu mendapat perlindungan Allah SWT, Tuhan YME, Gusti Kang Maha Wikan


Senin, 4 September 2017 15:03
13 | 7 |
LARSHEN YUNUS: momentum perayaan HUT-RI ke-72 thn, memastikan GRANAT sebagai Pahlawan
Senin, 4 September 2017 15:03
5 | 1 |

Gallery

  • Positive message
  • RADical Times, Residents Against Druggies, Newsletter, July 1 1995, 1 of 4
  • RAD Founder Running for Supervisor, Western Edition, September 1996
  • I'm tripping on that shirt-collar already #vinyl #album #weirdrecords #charityshopfind #thriftstorefinds #religiousrecords #antidrugs #evangelist #preacher #shitshirt #vinylvulture #vinyladdict #vinylporn #cratedigging #rarerecords #albumcover #retrofashi
  • Anti-Drug and Alcohol
  • #poet @BevanBoggenpoel is launching ๐Ÿš€his #debut #poetry #book in #partnership with @milborrowmedia on 1 December 2016. #verse #poems #love #hate #hope #antigangsterism #antidrugs #education #youth
  • Toadstools (Foreigners)
  • VID_52900928_144855
  • Antidrug at park of Whittier,California
  • Antidrug at park of Whittier,California
  • Uni-Papua-Fc-Landak-with-Leaders-2
  • 160626_ANTIDRUG OH_GROUP SHOT

Video

Dialog: Bersihkan TNI dari Narkoba # 4
Perang melawan narkoba menjadi pekerjaan rumah serius yang harus melibatkan seluruh elemen bangsa. Ironisnya ketika perang melawan narkoba…