Gerakan Nasional Anti Narkotika
National Anti-Drug Movement
flags/gb.png flags/id.png

Satuan Tugas Anti Narkoba

KRH Henry Yosodiningrat SH memulai masa bakti nya sebagai anggota DPR sejak tahun 2014. Memasuki lembaran kehidupan yang baru, dimana berdasarkan undang-undang (pada waktu yg bersamaan) Henry dilarang ber praktek sebagai Pengacara.

KRH Henry Yosodiningrat SH memulai masa bakti nya sebagai anggota DPR sejak tahun 2014. Memasuki lembaran kehidupan yang baru, dimana berdasarkan undang-undang (pada waktu yg bersamaan) Henry dilarang ber praktek sebagai Pengacara, tugas ini diterima nya dengan Ikhlas dan rasa gembira karena tugas negara ini memberi kesempatan baginya untuk memberikan sumbangsih yang lebih lagi bagi negara dan bangsa Indonesia.

Kendati disibukkan dengan agenda kehidupan politik nya, komitmen Henry sebagai penggagas dan hingga saat ini menduduki posisi ketua umum Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) tetap aktif memenuhi komitmen nya memerangi narkoba.Terus menyempatkan diri bergabung dengan para pengurus GRANAT  diberbagai kota melantik pengurus baru, berbicara dengan media dan memberikan kuliah umum pada beberapa universitas serta menggalang jaringan anti-narkoba yang lebih luas lagi.

Bulan Februari 2016 Henry menggagas pembentukan Satuan Tugas – Anti Narkoba (SATGAS Anti Narkoba) di Provinsi kelahirannya: Lampung. Gagasan Henry disambut baik oleh Pemerintah Daerah Provinsi Lampung (Gubernur, Kapolda, DanRem, Dan Lantamal, beberapa Dan Lanud Bupati hingga perangkat Pemerintahan seluruh Desa.

Henry langsung terjun ke Desa-desa diseluruh pelosok provinsi seluas 35,376 km2 dengan jumlah populasi lebih dari 8 juta penduduk, memberikan pembekalan kepada Satgas yg telah dibentuknya dan memberikan penyuluhan di balai desa, sekolah-sekolah, pondok pondok Pesantren, Perguruan tinggi dan  bahkan di lapangan terbuka.

Sejak di inisiasi, Henry bersama Kapolres dan Bupati se Provinsi Lampung telah membentuk SATGAS diseluruh desa / kampung / pekon / tiuh bahkan di beberapa sekolah dan pondok pesantren, hingga saat ini *telah terbentuk sekitar 2.000.SATGAS Anti Narkoba di Provinsi Lampung*

Anggota Satgas adalah warga masyarakat yang ditunjuk oleh penduduk dimasing2 Desa dengan tugas utama mencegah penyalah gunaan Narkoba dan membantu aparat Pemerintah dalam memerangi peredaran gelap narkoba di wilayahnya masing masing.

Baru setahun Satgas dibentuk, jaringan daya tangkal masyarakat Lampung terhadap narkoba dirasa meningkat. SATGAS akan membantu masyarakat mengenal dan mengerti bahaya dan kerusakan yang ditimbulkan oleh penyalahgunaan narkoba. Dengan kesadaran ini, masyarakat akan balik membantu Satgas dalam menangkal peredaran gelap narkoba. Kesadaran masyarakat akan bahaya narkotika itu sendiri sudah akan mengurangi permintaan akan narkoba, apalagi adanya pendampingan Satgas yang dapat secara nyata menghadang atau menangkal para pengedar narkoba.

Sebelum dibentuk SATGAS, peredaran narkoba sangat marak terjadi bahkan hingga pedesaan terpencil. Salah satu  penyebabnya adalah semakin terbuka nya kesempatan investasi dan usaha di bidang perkebunan, tambak, dan industri lain di Lampung. Jumlah pemakai narkoba di seluruh Lampung sangat tinggi.

Dibentuknya SATGAS Anti Narkoba diseluruh desa, diharapkan mengurangi jumlah pemakai dan korban secara signifikan. Program unggulan Satgas baik bagi pemakai maupun pengedar kecil yang menggantungkan hidupnya dari hasil berjualan narkoba adalah sbb:

1. Mencegah terjadinya penyalahgunaan / menekan bertambahnya jumlah pemakai (korban) sehingga akan mengurangi permintaan akan Narkoba.

2. Mencegah masuknya peredaran gelap Nakoba ke wilayah masing masing Desa, sekolah dan komunitas

Guna memastikan implementasi yang berkesinambungan atas program SATGAS ini, Henry masih terus melakukan pengawasan dan pembinaan dilapangan. Suatu pekerjaan yang banyak menguras energy baik itu berupa waktu, uang dan tenaga; juga sangat ber resiko tinggi mengingat kemarahan para bandar besar narkoba yang merasa terusik daerah pemasarannya. Namun cita-cita Henry untuk membebaskan Lampung dari narkoba mengeliminasi beban dan resiko itu semua. Bahkan Henry terlihat senang hati melaksanakan nya. 

Pembentukan SATGAS menarik perhatian Pimpinan tertinggi Polri dengan apresiasi yang diberikan KAPOLRI dalam Innaugurasi Satgas Anti Narkoba di Lampung pada tanggal 18 Mei 2016, dan mencanangkan akan membantu pembentukan Satgas Anti Narkoba di Provinsi lain di Indonesia.



Komentar

Penerimaan komentar ditutup

Facebook

Lanjutkan perjuangan,,.....
Selasa, 5 Desember 2017 10:10
7 |
Lanjutkan perjuangan,,.....
Jumat, 1 Desember 2017 03:03
5 |
SIAP MENTAATI ATURAN
Senin, 27 November 2017 04:04
7 |
Tembilahan, RanahRiau.com- Ketua Gerakan Anti Narkotika (Geranat) "Zakaria", Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mendatangi


Senin, 20 November 2017 04:04
8 | 2 |
Panitia kunci kesuksesan
Senin, 20 November 2017 21:09
8 |
Smoga mereka kembali ke keluarganya.
Senin, 20 November 2017 21:09
7 |
Keritang, RanahRiau.com- Duta Anti Narkoba, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Melakukan sosialisasi di suatu kegiatan Perkemahan Karya Pramuka


Senin, 20 November 2017 21:09
5 |
Jangan ditiru,...
Senin, 20 November 2017 04:04
5 |
Ambon, Namlea, Namrole.. SMANSA....!!


Jumat, 17 November 2017 08:08
6 |
Waspadalah,. Waspadalah,.
Minggu, 5 November 2017 04:04
8 | 2 |

Gallery

  • Antidrug 2
  • Antidrug Cemetery
  • Antidrug
  • Fight for Drugs?
  • Drugs or Anti-drugs
  • Positive message
  • RADical Times, Residents Against Druggies, Newsletter, July 1 1995, 1 of 4
  • RAD Founder Running for Supervisor, Western Edition, September 1996
  • I'm tripping on that shirt-collar already #vinyl #album #weirdrecords #charityshopfind #thriftstorefinds #religiousrecords #antidrugs #evangelist #preacher #shitshirt #vinylvulture #vinyladdict #vinylporn #cratedigging #rarerecords #albumcover #retrofashi
  • Anti-Drug and Alcohol
  • #poet @BevanBoggenpoel is launching 🚀his #debut #poetry #book in #partnership with @milborrowmedia on 1 December 2016. #verse #poems #love #hate #hope #antigangsterism #antidrugs #education #youth
  • Toadstools (Foreigners)

Video

Dialog: Bersihkan TNI dari Narkoba # 4
Perang melawan narkoba menjadi pekerjaan rumah serius yang harus melibatkan seluruh elemen bangsa. Ironisnya ketika perang melawan narkoba…