Gerakan Nasional Anti Narkotika
National Anti-Drug Movement
flags/gb.png flags/id.png

Henry Yosodiningrat Desak Kejagung Usut Tuntas Kasus Fredie Tan


Suara.com - Siapa yang tidak kenal Fredie Tan (FT) alias Awi. Direktur PT. Wahana Agung Indonesia Propertindo (WAIP), tersangka kasus penjarahan sejumlah aset BUMD milik pemprov DKI yang merugikan keuangan negara puluhan milyar rupiah. Sejak terungkap tahun 2014 dan berstatus tersangka oleh pihak penyidik Kejagung hingga saat ini belum juga jelas kapan proses  pelimpahan perkaranya ke Pengadilan Tipikor.

Padahal, dugaan kejahatan korupsi “berjamaah” oleh Fredie Tan itu sangat gamblang. Salah satu fakta hukum kejahatannya, diantaranya terbukti menjual lahan (tanah) aset Pemda DKI Jakarta seluas 5000 M2 di Pluit Jakarta Utara. Aset itu dijual tanpa ijin Gubernur DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta. Akibat modus operandi ketiganya, keuangan (negara)  Pemda DKI digarong sebesar Rp68 miliar.

Kasus Fredie Tan pun telah dilaporkan Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Henry Yosodiningrat, ke Penyidik Kejagung mau pun ke Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Alhasil kenapa masih tetap jalan ditempat.

 

“Entah mengapa Kejaksaan Agung seperti dibuat tak berkutik dalam tangani kasus Fredie Tan cs. Sudah jadi tersangka tapi hingga saat ini belum juga diproses pelimpahan perkaranya ke Pengadilan Tipikor,” tukas Henry dalam keterangan tertulis di Jakarta , Rabu (1/3/2017).

Sejak ditetapkan sebagai tersangka ketiga pentolan kejahatan korupsi itu yakni, Dirut PT. WAI (Ancol Beach City) Fredie Tan, Komisaris PT. Delta Jakarta, Oky Sukasah dan mantan Dirut PT. Jakarta Propertindo (Jakpro) I Gusti Kertut Gede Suena belum ditahan dan hingga kini masih saja “bergentayangan” di alam bebas kendati telah di cegah tangkal (cekal) untuk tidak bepergian ke luar negeri.

Lebih spesifik Henry menjelaskan, ketidak berdayaan Jaksa Agung itu tampak jelas secara kasat mata. Diantaranya ketika Permohonan Penyidik Kejagung yang diajukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) pada 10 Maret 2015 agar diberi ijin melakukan penggeledahan atas rumah kediaman tersangka di Teluk Gong Rt. 005/Rw.008 Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara,  pada 27 Maret 2015 Wakil Ketua PN Jakarta Utara DR. Ifa Sudewi SH MH mengabulkan ijin pengeledahan itu, termasuk juga atas kantor milik Fredie Tan selaku Dirut PT. Wahana Agung Indonesia (PT.WAI) di Jalan. Pantai Indah Barat Kompleks Toho PIK Blok E No.12 Kamal Muara, Jakarta Utara.

Namun faktanya, lanjut Henry Yosodiningrat, hingga saat ini pelaksanaan penggeledahan tidak pernah dilakukan oleh Penyidik Kejagung. “Salah satu tanda adanya ketidak beresan itu, tidak dijalankannya proses penggeledahan salah satu rumah tersangka untuk mencari barang bukti. Padahal surat ijin geledah telah dikantongi tim Jaksa, “ ujar Henry sambil menggeleng-gelengkan kepala.

Politisi dan praktisi hukum yang juga pendiri Gerakan Anti Narkotika (GRANAT) Henry Yosodiningrat hukum itu mengakui sempat bertemu dengan Jaksa Agung HM.Prasetyo dan menanyakan kelanjutan proses penyidikannya, namun orang nomor satu di kejaksaan tersebut mengatakan banyak pihak berkepentingan atas kasus ini. “Itu artinya Jaksa Agung tak berkutik tangani kasus Fredie Tan Cs padahal selama 12 tahun bisa jadi kemungkinan ratusan miliar uang negara telah ‘menguap’ hanya untuk memperkaya diri pribadi para pelaku,” tandasnya.

Unsur kejahatan pidana korupsi “berjamaah” lainnya juga terjadi di PT. Pembangunan Jaya Ancol (PT.PJA) bersekongkol dengan PT. Wahana Agung Indonesia Propertindo (WAIP). Modus operandinya dimulai sejak awal perjanjian PT. PJA dengan PT. WAIP pada tahun 2004 hingga tahun 2015.

Namun ketaatan atas ikatan perjanjian itu selalu diabaikan hingga sarat dengan Wan Prestasi. Ternyata Wan Prestasi WAIP tersebut justru dijadikan sebagai tameng untuk dimanfaatkan oleh oknum pejabat PT. PJA sebagai peluang kemungkinan melakukan korupsi.

Kemudian, saat terjadi sengketa antara PT. WAIP dengan MEIS tahun 2014 berakibat Music Stadium tidak lagi melakukan kegiatan show.

Akibatnya sengketa tersebut PT. PJA mengeluarkan surat peringatan pertama (SP.1) kepada PT. WAIP pada 15 Agustus 2014. Tujuh hari kemudian setelah SP.1 pada 25 Agustus 2014 PT. PJA kembali memberikan SP.2 kepada PT. WAIP. 

Sesuai perjanjian yang disepakati PT. PJA dengan PT. WAIP sesudah 60 hari dari SP.2 maka perjanjian otomatis berakhir tanpa melalui pengadilan dirubah melalui mediasi. Dalam mediasi PT. PJA menyampaikan daftar Wan Prestasi PT. WAIP. Namun dalam rapat mediasi pada 20 November 2014 hal itu tidak ditanggapi.

Karena pihak PT. WAIP tidak menanggapi akhirnya pada 19 Juni 2015 PT. PJA mengajukan somasi terhadap PT. WAIP. Namun somasi tersebut tidak dilanjutkan ke pengadilan tapi dihentikan dengan “upeti” kepada oknum pejabat PT. PJA sebesar Rp 6 miliar.

Untuk mengetahui hingga terungkap terjadinya sindikasi korupsi “berjamaah” di jajaran kedua perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta tersebut (PT. PJA dan PT. Jakpro) tidak terlepas dari peran serta PT. WAIP milik tersangka Fredie Tan. Penyidik Kejagung atau Penyidik KPK harus segera turun tangan.

Untuk itu berbagai pihak berharap Penyidik Kejagung bisa bekerjasama dengan Penyidik KPK melakukan pemanggilan untuk dimintai keterangan dari Fredie Tan alias Awi selaku Dirut PT. WAIP, Rahardjo Djali mantan BPKP selaku Direktur Administrasi dan Keuangan PT. Jakpro, Drs. Subandi Suwarto selaku Komisaris PT. Putra Teguh Perkasa Propertindo, Taher Santoso Tjioe paman Fredie Tan, I Gusti Ketut Gde Suena selaku Dirut PT. Jakpro, Ongky Sukasah pendahulu I Gusti Ketut Gde Suena sebagai Dirut PT. Jakpro dan Wiriatmoko selaku Kepala Dinas P2B Pemda DKI Jakarta.

“Selama 12 tahun mereka itulah yang mengetahui seluk beluk adanya permainan korupsi beromzet triliunan rupiah di perusahaan BUMD tersebut,” kata Henry Yosodiningrat



Komentar

Komentar di-non-aktifkan setelah tiga bulan

Facebook

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ *السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ* Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Nasional Anti Narkotika KABUPATEN LOMBOK UTARA --------------------------------------------------------------------------- Segenap Pengurus DPC Granat Kab.LOMBOK UTARA turut mengungkapkan dengan setulus hati juga keikhlasan dalam rangka Bulan Syawal 1438 H / Juni 2017 bahwa : Air tidak selalu Jernih, Begitu juga Ucapan, . Kapas tidak selalu Putih, Begitu juga Hati, . Langit tidak selalu Biru, Begitu juga Hidup, . Jalan tidak selalu Lurus, Begitu juga Langkah, . Untuk itu Satukan Niat kita untuk menjadikan generasi kedepan yang Lebih baik dan berprestasi Tanpa NARKOBA. Aamiin, . Yaa Rabbal'aalamiin, . Segenap Pengurus DPC Granat Kab.LOMBOK UTARA Mengatur sembah Sepuluh Jari, . Apabila ada bahasa tidak pada tempatnya,. MINTA RIDHO, . Sekaligus MINTA RELAKAN, . Terlebih & Terkurang, . Semuanya Minta Ma'af yang sebesar-besarnya Dengan ucapan : Minal 'Aidin Walfaizin, . Mohon Ma'af Lahir & Bathin Narkoba, . . . . . . No Prestasi, . . . . . . Yes Perjuangan, . . . Oke Granat KLU, . . . Jaya *وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ*


Minggu, 25 Juni 2017 11:11
1 | 1 |
Aslm'alkm, . Wr, . Wb Salam sejahtera untuk kita semua, . Dengan memperingati Hari Anti Narkotika Internasional ( HANI ) 22 Juni 2017 Mari kita bersama-sama mebulatkan tekat untuk membersihkan Kampung kita dari Peredaran Gelap Narkoba yang sudah merusak generasi muda kita. Wslm'alkm, . Wr, . Wb


Kamis, 22 Juni 2017 22:10
3 |
ALHAMDULILLAH SUKSES ACARA BUKA PUASA BERSAMA KELUARGA BESAR DPC GRANAT KOTA LANGSA ATAS DUKUNGAN SEGENAP PENGURUS ,SELASA 20 JUNI 2017.DI RH CAFE.YG DIHADIRI KEPALA BNN KOTA LANGSA AKBP NAVRI YULENNI,SH,MH. BERSERTA KASIE BNN DAN KASUBBAG TU BNN LGS,KETUA DPD GRANAT ACEH AFRIZAL,SH DAN WAKILNYA.KETUA PRAKSI PA SAMSUL BAHRI,SH.,HAKIM PENGADILAN NEGERI TAMIENG FAZLI,SH.,KETUA IKAN LGS IR.ISMAIL MANYAK.,KETUA IPQAH KOTA LANGSA SYAHRUL MTA,S.Sos.I.,SEKRETARIS,BENDAHARA DAN PARA WAKIL KETUA SERTA SEGENAP PENGURUS DPC GRANAT KOTA LANGSA DAN JUGA DIHADIRI BEBERAPA MEDIA ELEKTRONIK SERTA MEDIA CETAK.SAYA SELAKU KETUA DPC ISLAMSYAH MTA,ST MENGUCAPKAN TERIMAKASIH KPD SEMUA PIHAK YG TELAH MENSUKSESKAN ACARA BUKA PUASA BERSAMA KELUARGA BESAR DPC GRANAT KOTA LANGSA.SALAM GRANAT.GRANAT MENGABDI UNTUK BANGSA.DAN SIAP MENJALANKAN PROGRAM P4GN.


Selasa, 20 Juni 2017 23:11
10 | 2 |
Presiden JOKOWI. adalah Bapak Pembangunan yg sebenar nya. Tidak ada alasan utk Tidak didoakan dan didukung untuk menerus kan kepemimpinan Neg Bgs n Pemerintah an. Semoga Allah meridhoi n melindungi Beliau n Keluarganya pada Hari Ulang Tahun nya....Selamat Panjang Usia Pak Jokowi.
Rabu, 21 Juni 2017 03:03
5 |
Terimakasih udh diizinin gabung. Untuk kabupaten Bogor kemana kami merapat?
Selasa, 20 Juni 2017 23:11
1 |
Insya Allah besok sukses dlm pelaksanaannya.krn kami mengundang kepala bnn kota lgs.LSM,ORMAS dan OKP Serta beberapa tokoh.berjumlah sekiatar 70 org.indahnya kebersamàan.


Selasa, 20 Juni 2017 23:11
8 |
Alhamdulillah.... giat hari Senin 19 Juni 2017, di depan sekertariat Granat DPD Jabar. Bravo Granat
Senin, 19 Juni 2017 20:08
4 | 7 |
Terima kasih buat pak jilal mardhani yg telah mengizinkan saya bergabung di grup granat ini Salam kenal buat semuanya
Senin, 19 Juni 2017 20:08
2 |
Kami menghrpkan tmn2 Granat seluruh Indonesia....punya ke khas an dan metoda Unggulan dlm upy Cegah n Tangkal Bahaya Narkoba di wilayah n lingkungan msg2.
Senin, 19 Juni 2017 10:10
10 | 5 |
KETUA DPC GRANAT KOTA LANGSA ISLAMSYAH MTA MENYAMPAIKAN P4GN DI ACARA BUKA PUASA BERSAMA DPD II KNPI KOTA LANGSA DI RESTORAN RENGGALI MINGGU 18 JUNI 2017. BERSAMA PEMUDA SIGAP DALAM MISI DAN VISI PERANG MELAWAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA.


Senin, 19 Juni 2017 05:05
9 | 2 |

Gallery

  • RAD Founder Running for Supervisor, Western Edition, September 1996
  • RADical Times, Residents Against Druggies, Newsletter, July 1 1995, 1 of 4
  • I'm tripping on that shirt-collar already #vinyl #album #weirdrecords #charityshopfind #thriftstorefinds #religiousrecords #antidrugs #evangelist #preacher #shitshirt #vinylvulture #vinyladdict #vinylporn #cratedigging #rarerecords #albumcover #retrofashi
  • Anti-Drug and Alcohol
  • #poet @BevanBoggenpoel is launching 🚀his #debut #poetry #book in #partnership with @milborrowmedia on 1 December 2016. #verse #poems #love #hate #hope #antigangsterism #antidrugs #education #youth
  • Toadstools
  • VID_52900928_144855
  • Antidrug at park of Whittier,California
  • Antidrug at park of Whittier,California
  • 160626_ANTIDRUG OH_GROUP SHOT
  • Uni-Papua-Fc-Landak-with-Leaders-2
  • Uni-Papua-Fc-Landak-with-Leaders-1

Video

Dialog: Bersihkan TNI dari Narkoba # 4
Perang melawan narkoba menjadi pekerjaan rumah serius yang harus melibatkan seluruh elemen bangsa. Ironisnya ketika perang melawan narkoba…