Gerakan Nasional Anti Narkotika
National Anti-Drug Movement
flags/gb.png flags/id.png

Henry Yosodiningrat Desak Kejagung Usut Tuntas Kasus Fredie Tan


Suara.com - Siapa yang tidak kenal Fredie Tan (FT) alias Awi. Direktur PT. Wahana Agung Indonesia Propertindo (WAIP), tersangka kasus penjarahan sejumlah aset BUMD milik pemprov DKI yang merugikan keuangan negara puluhan milyar rupiah. Sejak terungkap tahun 2014 dan berstatus tersangka oleh pihak penyidik Kejagung hingga saat ini belum juga jelas kapan proses  pelimpahan perkaranya ke Pengadilan Tipikor.

Padahal, dugaan kejahatan korupsi “berjamaah” oleh Fredie Tan itu sangat gamblang. Salah satu fakta hukum kejahatannya, diantaranya terbukti menjual lahan (tanah) aset Pemda DKI Jakarta seluas 5000 M2 di Pluit Jakarta Utara. Aset itu dijual tanpa ijin Gubernur DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta. Akibat modus operandi ketiganya, keuangan (negara)  Pemda DKI digarong sebesar Rp68 miliar.

Kasus Fredie Tan pun telah dilaporkan Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Henry Yosodiningrat, ke Penyidik Kejagung mau pun ke Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Alhasil kenapa masih tetap jalan ditempat.

 

“Entah mengapa Kejaksaan Agung seperti dibuat tak berkutik dalam tangani kasus Fredie Tan cs. Sudah jadi tersangka tapi hingga saat ini belum juga diproses pelimpahan perkaranya ke Pengadilan Tipikor,” tukas Henry dalam keterangan tertulis di Jakarta , Rabu (1/3/2017).

Sejak ditetapkan sebagai tersangka ketiga pentolan kejahatan korupsi itu yakni, Dirut PT. WAI (Ancol Beach City) Fredie Tan, Komisaris PT. Delta Jakarta, Oky Sukasah dan mantan Dirut PT. Jakarta Propertindo (Jakpro) I Gusti Kertut Gede Suena belum ditahan dan hingga kini masih saja “bergentayangan” di alam bebas kendati telah di cegah tangkal (cekal) untuk tidak bepergian ke luar negeri.

Lebih spesifik Henry menjelaskan, ketidak berdayaan Jaksa Agung itu tampak jelas secara kasat mata. Diantaranya ketika Permohonan Penyidik Kejagung yang diajukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) pada 10 Maret 2015 agar diberi ijin melakukan penggeledahan atas rumah kediaman tersangka di Teluk Gong Rt. 005/Rw.008 Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara,  pada 27 Maret 2015 Wakil Ketua PN Jakarta Utara DR. Ifa Sudewi SH MH mengabulkan ijin pengeledahan itu, termasuk juga atas kantor milik Fredie Tan selaku Dirut PT. Wahana Agung Indonesia (PT.WAI) di Jalan. Pantai Indah Barat Kompleks Toho PIK Blok E No.12 Kamal Muara, Jakarta Utara.

Namun faktanya, lanjut Henry Yosodiningrat, hingga saat ini pelaksanaan penggeledahan tidak pernah dilakukan oleh Penyidik Kejagung. “Salah satu tanda adanya ketidak beresan itu, tidak dijalankannya proses penggeledahan salah satu rumah tersangka untuk mencari barang bukti. Padahal surat ijin geledah telah dikantongi tim Jaksa, “ ujar Henry sambil menggeleng-gelengkan kepala.

Politisi dan praktisi hukum yang juga pendiri Gerakan Anti Narkotika (GRANAT) Henry Yosodiningrat hukum itu mengakui sempat bertemu dengan Jaksa Agung HM.Prasetyo dan menanyakan kelanjutan proses penyidikannya, namun orang nomor satu di kejaksaan tersebut mengatakan banyak pihak berkepentingan atas kasus ini. “Itu artinya Jaksa Agung tak berkutik tangani kasus Fredie Tan Cs padahal selama 12 tahun bisa jadi kemungkinan ratusan miliar uang negara telah ‘menguap’ hanya untuk memperkaya diri pribadi para pelaku,” tandasnya.

Unsur kejahatan pidana korupsi “berjamaah” lainnya juga terjadi di PT. Pembangunan Jaya Ancol (PT.PJA) bersekongkol dengan PT. Wahana Agung Indonesia Propertindo (WAIP). Modus operandinya dimulai sejak awal perjanjian PT. PJA dengan PT. WAIP pada tahun 2004 hingga tahun 2015.

Namun ketaatan atas ikatan perjanjian itu selalu diabaikan hingga sarat dengan Wan Prestasi. Ternyata Wan Prestasi WAIP tersebut justru dijadikan sebagai tameng untuk dimanfaatkan oleh oknum pejabat PT. PJA sebagai peluang kemungkinan melakukan korupsi.

Kemudian, saat terjadi sengketa antara PT. WAIP dengan MEIS tahun 2014 berakibat Music Stadium tidak lagi melakukan kegiatan show.

Akibatnya sengketa tersebut PT. PJA mengeluarkan surat peringatan pertama (SP.1) kepada PT. WAIP pada 15 Agustus 2014. Tujuh hari kemudian setelah SP.1 pada 25 Agustus 2014 PT. PJA kembali memberikan SP.2 kepada PT. WAIP. 

Sesuai perjanjian yang disepakati PT. PJA dengan PT. WAIP sesudah 60 hari dari SP.2 maka perjanjian otomatis berakhir tanpa melalui pengadilan dirubah melalui mediasi. Dalam mediasi PT. PJA menyampaikan daftar Wan Prestasi PT. WAIP. Namun dalam rapat mediasi pada 20 November 2014 hal itu tidak ditanggapi.

Karena pihak PT. WAIP tidak menanggapi akhirnya pada 19 Juni 2015 PT. PJA mengajukan somasi terhadap PT. WAIP. Namun somasi tersebut tidak dilanjutkan ke pengadilan tapi dihentikan dengan “upeti” kepada oknum pejabat PT. PJA sebesar Rp 6 miliar.

Untuk mengetahui hingga terungkap terjadinya sindikasi korupsi “berjamaah” di jajaran kedua perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta tersebut (PT. PJA dan PT. Jakpro) tidak terlepas dari peran serta PT. WAIP milik tersangka Fredie Tan. Penyidik Kejagung atau Penyidik KPK harus segera turun tangan.

Untuk itu berbagai pihak berharap Penyidik Kejagung bisa bekerjasama dengan Penyidik KPK melakukan pemanggilan untuk dimintai keterangan dari Fredie Tan alias Awi selaku Dirut PT. WAIP, Rahardjo Djali mantan BPKP selaku Direktur Administrasi dan Keuangan PT. Jakpro, Drs. Subandi Suwarto selaku Komisaris PT. Putra Teguh Perkasa Propertindo, Taher Santoso Tjioe paman Fredie Tan, I Gusti Ketut Gde Suena selaku Dirut PT. Jakpro, Ongky Sukasah pendahulu I Gusti Ketut Gde Suena sebagai Dirut PT. Jakpro dan Wiriatmoko selaku Kepala Dinas P2B Pemda DKI Jakarta.

“Selama 12 tahun mereka itulah yang mengetahui seluk beluk adanya permainan korupsi beromzet triliunan rupiah di perusahaan BUMD tersebut,” kata Henry Yosodiningrat



Komentar

Komentar di-non-aktifkan setelah tiga bulan

Facebook

In cooperation with Foundation for a Drug Free World, GRANAT conducted its pilot Train the Trainers on April 15 – 17 this year at the mountain resor


Minggu, 23 Juli 2017 12:12
6 | 2 |
Berita Batam, Kepri, Bea Cukai Batam


Minggu, 20 Agustus 2017 12:12
5 |
Dari data yang didapat awak media dari petugas Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Siantar, ternyata seorang pria berinisial IMN (42), diduga berusaha menyuap petugas BNNK Siantar pada Jumat (18/8/2017) sekitar pukul 13.


Minggu, 20 Agustus 2017 12:12
4 |
Sekjen GRANAT, Ashar Suryobroto, berani menduga kalau hampir semua petugas di Lembaga Pemasyarakatan pasti terlibat. Dirinya menambahkan menurut pantauan aktivis GRANAT se-Indonesia tidak ada satupun lapas yang steril dari narkoba, Selasa (2/6/2015).


Kamis, 3 Agustus 2017 08:08
10 | 1 |
Atas dasar MoU antara BNN dan DPP PPI (Purna Paskibraka Indonesia),'Seluruh Anggota PPI di Indonesia menjadi Duta Anti Narkotika disekolahnya. Di Cibubur sdh diberikan Arahan ttg Narkoba dan bahayanya serta Upaya Pencegahan. Pembinaan seterusnya dilakukan oleh BNN Propinsi, Kabupaten/Kota dan DPD, DPC PPI Seluruh Indonesia. KA.BNN minggu depan berkenaan memberikan arahan Kpd Paskibraka Nasional 2017 di Cibibur. (Demikian sekilas info )


Sabtu, 5 Agustus 2017 09:09
18 | 5 |
Bakti Sosial Granat Peduli Inhil Dari Pengiat Anti Narkoba Dpc Granat Kab. Inhil Yang ikut Peduli akan saudara/i kita yang terkena musibah Kebakaran beralamat Jl. H.Said Tepatnya depan Karakatau. Mohon Do'a dan Restunya agar Ormas Granat bisa melaksanakan kegiatan dengan baik dan lancar diKab. Indragiri Hilir Aamiin, . Yaa Rabbal'aalamiin, .


Sabtu, 12 Agustus 2017 19:07
1 |
innalilahiwainalilahirojiun,, selamat jalan ade ramadhan abdull ternyata Allah lebih mencintai mu dek,,disana kau tidak akan merasakan sakit lagi,,semoga amal ibadahmu di terima di sisiNya,, Di RS.M Djamil Padang Sumatera Barat. #ade kita menghembuskn nafar terkhirny 07:00 pgi ini.. #kmu pergi di hari yg indah madhan... #surga tempatmu de😭 #meninggalkn 4 adeny yg msih kecil2 dan 3 kakkny... ibuny yg janda.. 😭😭😭😭 Terimakasih atas bantuan dari semua pihak, semoga Allah SWT membalas dgn pahala berlipat ganda. Syofinar Uchie Uvit Aura Mande


Jumat, 11 Agustus 2017 09:09
1 |
Koma, Bantu Madan Pejuang Gagal ginjal (13 th) Tulang punggung keluarga tanpa ayah


Jumat, 11 Agustus 2017 03:03
1 | 1 |
....KEMBALI KE FITRAH MANUSIA.... ..........Saatnya Pembuktian............... Manusia yang berkeTuhanan......................... Manusia yang berperikemanusiaan................ Manusia yang senang akan Persatuan........... Manusia yang senang bermusyawarah............ Manusia yang selalu berusaha berlaku adil..... ....Fitahnya manusia Indonesia...... - Do'a Rabitah - Katakanlah: "Ya Alloh yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rizqi kepada siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (Ali Imran: 26-27). Ya Allah, sesungguhnya ini adalah malam (siang)-Mu yang telah menjelang dan siang (malam)-Mu yang telah berlalu, serta suara-suara dari para penyeru-Mu, maka ampunilah aku. Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui bahwa hati-hati ini telah berkumpul untuk mencurahkan mahabbah hanya kepada-Mu, bertemu untuk taat kepada-Mu, bersatu dalam rangka menyeru (di jalan)-Mu, dan berjanji setia untuk membela syari'at-Mu, maka kuatkanlah ikatan pertaliannya, Ya Allah, abadikanlah kasih sayangnya, tunjukkanlah jalannya dan penuhilah dengan cahaya-Mu yang tidak pernah redup, lapangkanlah dadanya dengan limpahan iman dan keindahan tawakkal kepada-Mu, hidupkanlah dengan ma'rifat-Mu, dan matikanlah dalam keadaan syahid di jalan-Mu. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Dan semoga shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada Muhammad SAW, kepada keluarganya, dan kepada semua sahabatnya. Alhamdulillahirrobbil Alamin Aamiin.... Aamiin.... Aamiiiin Yaa Robbal Alamin πŸ‡²πŸ‡¨πŸ‡²πŸ‡¨πŸ˜‡πŸ˜πŸ™πŸ˜πŸ˜‡πŸ‡²πŸ‡¨πŸ‡²πŸ‡¨


Kamis, 10 Agustus 2017 04:04
2 |

Gallery

  • Positive message
  • I'm tripping on that shirt-collar already #vinyl #album #weirdrecords #charityshopfind #thriftstorefinds #religiousrecords #antidrugs #evangelist #preacher #shitshirt #vinylvulture #vinyladdict #vinylporn #cratedigging #rarerecords #albumcover #retrofashi
  • Anti-Drug and Alcohol
  • #poet @BevanBoggenpoel is launching πŸš€his #debut #poetry #book in #partnership with @milborrowmedia on 1 December 2016. #verse #poems #love #hate #hope #antigangsterism #antidrugs #education #youth
  • VID_52900928_144855
  • Antidrug at park of Whittier,California
  • Antidrug at park of Whittier,California
  • 160626_ANTIDRUG OH_GROUP SHOT
  • Uni-Papua-Fc-Landak-with-Leaders-1
  • RADical Times, Residents Against Druggies, Newsletter, July 1 1995, 1 of 4
  • RAD Founder Running for Supervisor, Western Edition, September 1996
  • Toadstools

Video

Dialog: Bersihkan TNI dari Narkoba # 4
Perang melawan narkoba menjadi pekerjaan rumah serius yang harus melibatkan seluruh elemen bangsa. Ironisnya ketika perang melawan narkoba…