Gerakan Nasional Anti Narkotika
National Anti-Drug Movement
flags/gb.png flags/id.png

MENYELUSURI LADANG GANJA TERSEMBUNYI DI ACEH


REPUBLIKA.CO.ID, Dua pahlawan nasional yang dikenal gigih melawan Penjajah Belanda, Teuku Chik Di Tiro dan Teuku Hasan Di Tiro, namanya terukir pada batu nisan di Desa Meureu, Indrapuri, Aceh Besar. Kedua jasad mereka terkubur di makam yang dikelilingi batu marmer merah dan pernah menjadi tempat pesta ulang tahun Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Desember setahun lalu.

Lebih dari satu kilometer sebelah barat keduanya tumbuhlah tanaman ganja dengan ketinggian mulai 1,5 hingga tiga meter. Tanaman bernama latin cannabis sativa itu berjejer rapih diatas lahan sekitar tiga hektar. Pinggiran kebun tersebut dijaga kawat berduri. Letaknya sekitar 50 meter dari jalan yang dilewati manusia. Dari lahan datar, seseorang harus berjalan menurun dan melewati kali dengan air jernih yang menampakkan dasar bebatuan.

Di pinggiran sungai itu terdapat sebuah selang plastik dengan diameter sekitar 15 sentimeter memanjang hingga seratus meter. "Selang ini biasa dihubungkan dengan diesel kecil untuk mengalirkan air ke ladang ganja disana," jelas Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN), Brigjen Benny Jozua Mamoto, kepada Republika Jumat (20/7).

Ladang ganja tersebut dinilainya jauh dari jangkauan masyarakat umum, karena sengaja ditanam di tempat terpencil. Jarak ladang tersebut dari jalan utama, yaitu Jl Raya Aceh-Medan, sekitar lima kilometer. Dari Banda Aceh menuju ladang tersebut membutuhkan waktu tempuh sekitar 60 menit. Jarak tempuh sekitar 50-60 kilometer.

Itu bukan satu-satunya ladang ganja yang ditemukan aparat gabungan BNN dan Polda Aceh. Mereka juga menemukan ladang ganja seluas delapan hektar di sekitar wilayah Lampeuna seluas delapan hektar. Yang terluas berada di Lamteuba mencapai 13 hektar. "Total semuanya sekitar 24 hektar," papar Benny.

Rata-rata satu hektar berisi 10.000 pohon ganja. Diprediksi, tiga ladang ganja ini mampu memproduksi 240 ribu batang tanaman ganja. Setiap satu hektar menghasilkan 1.500 Kg Ganja Kering. Semua ladang ganja ini diperkirakan menghasilkan 36 ton ganja kualitas satu sekali panen.

Benny menyatakan ladang ganja tersebut sangat terurus. Tanaman tersebut diberi pupuk, kemudian dialirkan air. Kondisi berbeda dinilainya terjadi di daerah penghasil ganja lainnya, seperti Mandailing Natal. Ganja di Kabupaten Sumatra Utara itu ditanam diatas Bukit Sihite yang jalurnya sulit dilewati. Ganja disana ditanam secara liar, tanpa diberikan pupuk maupun dialirkan air.

Dari asumsi harga, satu kilogram ganja kering di Jakarta dijual Rp 2,5 juta. Diperkirakan ladang tersebut mampu menghasilkan uang hingga Rp 80 miliar sekali panen. Menyusuri Ladang Ganja Tersembunyi di Aceh.

Penemuan tiga ladang ganja di Aceh bermula dari kegelisahan aparat terhadap banyaknya ganja yang lolos dari pemantauan. Data Pusat Penelitian Kesehatan (Puslitkes) Universitas Indonesia dan BNN menjelaskan Ganja yang tidak berhasil disita mencapai 241,8 ton pada 2011. Estimasi kebutuhan pasar ketika itu mencapai 487 ton. Ganja yang disita berjumlah 245,2 ton.

BNN kemudian menindaklanjuti hal itu dengan melakukan penyelidikan. Tim yang dipimpin oleh Direktur Tindak Kejar BNN, Komisaris Besar Jan de Fretes, diterjunkan ke lapangan bersama Aparat Polda Aceh. Mereka semua bekerjasama dengan masyarakat sekitar.

Aparat gabungan menyisir satu per satu ladang ganja di Indrapuri, Lamteuba, dan Lampeuna. Saat berjalan secara diam-diam ke ladang di Lampeuna seluas delapan hektar, aparat menyaksikan si pemilik ladang, Sayuti (38), sedang melihat-lihat ladang tersebut bersama seorang anak buahnya.

Personel gabungan menundukkan badan. Mereka berjalan dibawah tanaman ganja yang menutupi tinggi badan mereka. Sayuti tiba-tiba memalingkan wajahnya ke sebuah deretan tanaman ganja yang terlihat bergerak-gerak. Dia melihat ada kepala seseorang di balik tanaman tersebut. Dia langsung berlari bersama anak buahnya.

"Kita kejar keduanya. Sayuti kita tangkap. Satu lagi menghilang," jelas Direktur Narkoba Polda Aceh, Komisaris Besar Dedy Setyo Yudho, saat dihubungi, Jumat (20/7). Sehari-hari dia mengaku bekerja sebagai petani hutan. Pekerjaan tersebut dinilainya kurang menghasilkan sehingga dia nekat menanam ganja. Sayuti kini mendekam di tahanan Direktorat Narkoba Polda Aceh.

Dedi menjelaskan tersangka menanam ganja di kawasan hutan lindung. Sayuti dinilainya menanam ganja disana dengan cara membabat ilalang di kawasan hutan lindung. Kemudian menggantinya dengan tanaman ganja. Ladang milik Sayuti

 


Komentar

Penerimaan komentar ditutup

Facebook

In cooperation with Foundation for a Drug Free World, GRANAT conducted its pilot Train the Trainers on April 15 – 17 this year at the mountain resor


Minggu, 23 Juli 2017 12:12
6 | 2 |
Berita Batam, Kepri, Bea Cukai Batam


Minggu, 20 Agustus 2017 12:12
5 |
Dari data yang didapat awak media dari petugas Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Siantar, ternyata seorang pria berinisial IMN (42), diduga berusaha menyuap petugas BNNK Siantar pada Jumat (18/8/2017) sekitar pukul 13.


Minggu, 20 Agustus 2017 12:12
4 |
Sekjen GRANAT, Ashar Suryobroto, berani menduga kalau hampir semua petugas di Lembaga Pemasyarakatan pasti terlibat. Dirinya menambahkan menurut pantauan aktivis GRANAT se-Indonesia tidak ada satupun lapas yang steril dari narkoba, Selasa (2/6/2015).


Kamis, 3 Agustus 2017 08:08
10 | 1 |
Atas dasar MoU antara BNN dan DPP PPI (Purna Paskibraka Indonesia),'Seluruh Anggota PPI di Indonesia menjadi Duta Anti Narkotika disekolahnya. Di Cibubur sdh diberikan Arahan ttg Narkoba dan bahayanya serta Upaya Pencegahan. Pembinaan seterusnya dilakukan oleh BNN Propinsi, Kabupaten/Kota dan DPD, DPC PPI Seluruh Indonesia. KA.BNN minggu depan berkenaan memberikan arahan Kpd Paskibraka Nasional 2017 di Cibibur. (Demikian sekilas info )


Sabtu, 5 Agustus 2017 09:09
18 | 5 |
Bakti Sosial Granat Peduli Inhil Dari Pengiat Anti Narkoba Dpc Granat Kab. Inhil Yang ikut Peduli akan saudara/i kita yang terkena musibah Kebakaran beralamat Jl. H.Said Tepatnya depan Karakatau. Mohon Do'a dan Restunya agar Ormas Granat bisa melaksanakan kegiatan dengan baik dan lancar diKab. Indragiri Hilir Aamiin, . Yaa Rabbal'aalamiin, .


Sabtu, 12 Agustus 2017 19:07
1 |
innalilahiwainalilahirojiun,, selamat jalan ade ramadhan abdull ternyata Allah lebih mencintai mu dek,,disana kau tidak akan merasakan sakit lagi,,semoga amal ibadahmu di terima di sisiNya,, Di RS.M Djamil Padang Sumatera Barat. #ade kita menghembuskn nafar terkhirny 07:00 pgi ini.. #kmu pergi di hari yg indah madhan... #surga tempatmu de😭 #meninggalkn 4 adeny yg msih kecil2 dan 3 kakkny... ibuny yg janda.. 😭😭😭😭 Terimakasih atas bantuan dari semua pihak, semoga Allah SWT membalas dgn pahala berlipat ganda. Syofinar Uchie Uvit Aura Mande


Jumat, 11 Agustus 2017 09:09
1 |
Koma, Bantu Madan Pejuang Gagal ginjal (13 th) Tulang punggung keluarga tanpa ayah


Jumat, 11 Agustus 2017 03:03
1 | 1 |
....KEMBALI KE FITRAH MANUSIA.... ..........Saatnya Pembuktian............... Manusia yang berkeTuhanan......................... Manusia yang berperikemanusiaan................ Manusia yang senang akan Persatuan........... Manusia yang senang bermusyawarah............ Manusia yang selalu berusaha berlaku adil..... ....Fitahnya manusia Indonesia...... - Do'a Rabitah - Katakanlah: "Ya Alloh yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rizqi kepada siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (Ali Imran: 26-27). Ya Allah, sesungguhnya ini adalah malam (siang)-Mu yang telah menjelang dan siang (malam)-Mu yang telah berlalu, serta suara-suara dari para penyeru-Mu, maka ampunilah aku. Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui bahwa hati-hati ini telah berkumpul untuk mencurahkan mahabbah hanya kepada-Mu, bertemu untuk taat kepada-Mu, bersatu dalam rangka menyeru (di jalan)-Mu, dan berjanji setia untuk membela syari'at-Mu, maka kuatkanlah ikatan pertaliannya, Ya Allah, abadikanlah kasih sayangnya, tunjukkanlah jalannya dan penuhilah dengan cahaya-Mu yang tidak pernah redup, lapangkanlah dadanya dengan limpahan iman dan keindahan tawakkal kepada-Mu, hidupkanlah dengan ma'rifat-Mu, dan matikanlah dalam keadaan syahid di jalan-Mu. Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Dan semoga shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada Muhammad SAW, kepada keluarganya, dan kepada semua sahabatnya. Alhamdulillahirrobbil Alamin Aamiin.... Aamiin.... Aamiiiin Yaa Robbal Alamin πŸ‡²πŸ‡¨πŸ‡²πŸ‡¨πŸ˜‡πŸ˜πŸ™πŸ˜πŸ˜‡πŸ‡²πŸ‡¨πŸ‡²πŸ‡¨


Kamis, 10 Agustus 2017 04:04
2 |

Gallery

  • Positive message
  • RADical Times, Residents Against Druggies, Newsletter, July 1 1995, 1 of 4
  • RAD Founder Running for Supervisor, Western Edition, September 1996
  • I'm tripping on that shirt-collar already #vinyl #album #weirdrecords #charityshopfind #thriftstorefinds #religiousrecords #antidrugs #evangelist #preacher #shitshirt #vinylvulture #vinyladdict #vinylporn #cratedigging #rarerecords #albumcover #retrofashi
  • Anti-Drug and Alcohol
  • #poet @BevanBoggenpoel is launching πŸš€his #debut #poetry #book in #partnership with @milborrowmedia on 1 December 2016. #verse #poems #love #hate #hope #antigangsterism #antidrugs #education #youth
  • Toadstools
  • VID_52900928_144855
  • Antidrug at park of Whittier,California
  • Antidrug at park of Whittier,California
  • 160626_ANTIDRUG OH_GROUP SHOT
  • Uni-Papua-Fc-Landak-with-Leaders-1

Video

Dialog: Bersihkan TNI dari Narkoba # 4
Perang melawan narkoba menjadi pekerjaan rumah serius yang harus melibatkan seluruh elemen bangsa. Ironisnya ketika perang melawan narkoba…