Gerakan Nasional Anti Narkotika
National Anti-Drug Movement
flags/gb.png flags/id.png

MENYELUSURI LADANG GANJA TERSEMBUNYI DI ACEH


REPUBLIKA.CO.ID, Dua pahlawan nasional yang dikenal gigih melawan Penjajah Belanda, Teuku Chik Di Tiro dan Teuku Hasan Di Tiro, namanya terukir pada batu nisan di Desa Meureu, Indrapuri, Aceh Besar. Kedua jasad mereka terkubur di makam yang dikelilingi batu marmer merah dan pernah menjadi tempat pesta ulang tahun Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Desember setahun lalu.

Lebih dari satu kilometer sebelah barat keduanya tumbuhlah tanaman ganja dengan ketinggian mulai 1,5 hingga tiga meter. Tanaman bernama latin cannabis sativa itu berjejer rapih diatas lahan sekitar tiga hektar. Pinggiran kebun tersebut dijaga kawat berduri. Letaknya sekitar 50 meter dari jalan yang dilewati manusia. Dari lahan datar, seseorang harus berjalan menurun dan melewati kali dengan air jernih yang menampakkan dasar bebatuan.

Di pinggiran sungai itu terdapat sebuah selang plastik dengan diameter sekitar 15 sentimeter memanjang hingga seratus meter. "Selang ini biasa dihubungkan dengan diesel kecil untuk mengalirkan air ke ladang ganja disana," jelas Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN), Brigjen Benny Jozua Mamoto, kepada Republika Jumat (20/7).

Ladang ganja tersebut dinilainya jauh dari jangkauan masyarakat umum, karena sengaja ditanam di tempat terpencil. Jarak ladang tersebut dari jalan utama, yaitu Jl Raya Aceh-Medan, sekitar lima kilometer. Dari Banda Aceh menuju ladang tersebut membutuhkan waktu tempuh sekitar 60 menit. Jarak tempuh sekitar 50-60 kilometer.

Itu bukan satu-satunya ladang ganja yang ditemukan aparat gabungan BNN dan Polda Aceh. Mereka juga menemukan ladang ganja seluas delapan hektar di sekitar wilayah Lampeuna seluas delapan hektar. Yang terluas berada di Lamteuba mencapai 13 hektar. "Total semuanya sekitar 24 hektar," papar Benny.

Rata-rata satu hektar berisi 10.000 pohon ganja. Diprediksi, tiga ladang ganja ini mampu memproduksi 240 ribu batang tanaman ganja. Setiap satu hektar menghasilkan 1.500 Kg Ganja Kering. Semua ladang ganja ini diperkirakan menghasilkan 36 ton ganja kualitas satu sekali panen.

Benny menyatakan ladang ganja tersebut sangat terurus. Tanaman tersebut diberi pupuk, kemudian dialirkan air. Kondisi berbeda dinilainya terjadi di daerah penghasil ganja lainnya, seperti Mandailing Natal. Ganja di Kabupaten Sumatra Utara itu ditanam diatas Bukit Sihite yang jalurnya sulit dilewati. Ganja disana ditanam secara liar, tanpa diberikan pupuk maupun dialirkan air.

Dari asumsi harga, satu kilogram ganja kering di Jakarta dijual Rp 2,5 juta. Diperkirakan ladang tersebut mampu menghasilkan uang hingga Rp 80 miliar sekali panen. Menyusuri Ladang Ganja Tersembunyi di Aceh.

Penemuan tiga ladang ganja di Aceh bermula dari kegelisahan aparat terhadap banyaknya ganja yang lolos dari pemantauan. Data Pusat Penelitian Kesehatan (Puslitkes) Universitas Indonesia dan BNN menjelaskan Ganja yang tidak berhasil disita mencapai 241,8 ton pada 2011. Estimasi kebutuhan pasar ketika itu mencapai 487 ton. Ganja yang disita berjumlah 245,2 ton.

BNN kemudian menindaklanjuti hal itu dengan melakukan penyelidikan. Tim yang dipimpin oleh Direktur Tindak Kejar BNN, Komisaris Besar Jan de Fretes, diterjunkan ke lapangan bersama Aparat Polda Aceh. Mereka semua bekerjasama dengan masyarakat sekitar.

Aparat gabungan menyisir satu per satu ladang ganja di Indrapuri, Lamteuba, dan Lampeuna. Saat berjalan secara diam-diam ke ladang di Lampeuna seluas delapan hektar, aparat menyaksikan si pemilik ladang, Sayuti (38), sedang melihat-lihat ladang tersebut bersama seorang anak buahnya.

Personel gabungan menundukkan badan. Mereka berjalan dibawah tanaman ganja yang menutupi tinggi badan mereka. Sayuti tiba-tiba memalingkan wajahnya ke sebuah deretan tanaman ganja yang terlihat bergerak-gerak. Dia melihat ada kepala seseorang di balik tanaman tersebut. Dia langsung berlari bersama anak buahnya.

"Kita kejar keduanya. Sayuti kita tangkap. Satu lagi menghilang," jelas Direktur Narkoba Polda Aceh, Komisaris Besar Dedy Setyo Yudho, saat dihubungi, Jumat (20/7). Sehari-hari dia mengaku bekerja sebagai petani hutan. Pekerjaan tersebut dinilainya kurang menghasilkan sehingga dia nekat menanam ganja. Sayuti kini mendekam di tahanan Direktorat Narkoba Polda Aceh.

Dedi menjelaskan tersangka menanam ganja di kawasan hutan lindung. Sayuti dinilainya menanam ganja disana dengan cara membabat ilalang di kawasan hutan lindung. Kemudian menggantinya dengan tanaman ganja. Ladang milik Sayuti

 


Komentar

Penerimaan komentar ditutup

Facebook

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ *السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ* Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Nasional Anti Narkotika KABUPATEN LOMBOK UTARA --------------------------------------------------------------------------- Segenap Pengurus DPC Granat Kab.LOMBOK UTARA turut mengungkapkan dengan setulus hati juga keikhlasan dalam rangka Bulan Syawal 1438 H / Juni 2017 bahwa : Air tidak selalu Jernih, Begitu juga Ucapan, . Kapas tidak selalu Putih, Begitu juga Hati, . Langit tidak selalu Biru, Begitu juga Hidup, . Jalan tidak selalu Lurus, Begitu juga Langkah, . Untuk itu Satukan Niat kita untuk menjadikan generasi kedepan yang Lebih baik dan berprestasi Tanpa NARKOBA. Aamiin, . Yaa Rabbal'aalamiin, . Segenap Pengurus DPC Granat Kab.LOMBOK UTARA Mengatur sembah Sepuluh Jari, . Apabila ada bahasa tidak pada tempatnya,. MINTA RIDHO, . Sekaligus MINTA RELAKAN, . Terlebih & Terkurang, . Semuanya Minta Ma'af yang sebesar-besarnya Dengan ucapan : Minal 'Aidin Walfaizin, . Mohon Ma'af Lahir & Bathin Narkoba, . . . . . . No Prestasi, . . . . . . Yes Perjuangan, . . . Oke Granat KLU, . . . Jaya *وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ*


Minggu, 25 Juni 2017 11:11
1 | 1 |
Aslm'alkm, . Wr, . Wb Salam sejahtera untuk kita semua, . Dengan memperingati Hari Anti Narkotika Internasional ( HANI ) 22 Juni 2017 Mari kita bersama-sama mebulatkan tekat untuk membersihkan Kampung kita dari Peredaran Gelap Narkoba yang sudah merusak generasi muda kita. Wslm'alkm, . Wr, . Wb


Kamis, 22 Juni 2017 22:10
3 |
ALHAMDULILLAH SUKSES ACARA BUKA PUASA BERSAMA KELUARGA BESAR DPC GRANAT KOTA LANGSA ATAS DUKUNGAN SEGENAP PENGURUS ,SELASA 20 JUNI 2017.DI RH CAFE.YG DIHADIRI KEPALA BNN KOTA LANGSA AKBP NAVRI YULENNI,SH,MH. BERSERTA KASIE BNN DAN KASUBBAG TU BNN LGS,KETUA DPD GRANAT ACEH AFRIZAL,SH DAN WAKILNYA.KETUA PRAKSI PA SAMSUL BAHRI,SH.,HAKIM PENGADILAN NEGERI TAMIENG FAZLI,SH.,KETUA IKAN LGS IR.ISMAIL MANYAK.,KETUA IPQAH KOTA LANGSA SYAHRUL MTA,S.Sos.I.,SEKRETARIS,BENDAHARA DAN PARA WAKIL KETUA SERTA SEGENAP PENGURUS DPC GRANAT KOTA LANGSA DAN JUGA DIHADIRI BEBERAPA MEDIA ELEKTRONIK SERTA MEDIA CETAK.SAYA SELAKU KETUA DPC ISLAMSYAH MTA,ST MENGUCAPKAN TERIMAKASIH KPD SEMUA PIHAK YG TELAH MENSUKSESKAN ACARA BUKA PUASA BERSAMA KELUARGA BESAR DPC GRANAT KOTA LANGSA.SALAM GRANAT.GRANAT MENGABDI UNTUK BANGSA.DAN SIAP MENJALANKAN PROGRAM P4GN.


Selasa, 20 Juni 2017 23:11
10 | 2 |
Presiden JOKOWI. adalah Bapak Pembangunan yg sebenar nya. Tidak ada alasan utk Tidak didoakan dan didukung untuk menerus kan kepemimpinan Neg Bgs n Pemerintah an. Semoga Allah meridhoi n melindungi Beliau n Keluarganya pada Hari Ulang Tahun nya....Selamat Panjang Usia Pak Jokowi.
Rabu, 21 Juni 2017 03:03
5 |
Terimakasih udh diizinin gabung. Untuk kabupaten Bogor kemana kami merapat?
Selasa, 20 Juni 2017 23:11
1 |
Insya Allah besok sukses dlm pelaksanaannya.krn kami mengundang kepala bnn kota lgs.LSM,ORMAS dan OKP Serta beberapa tokoh.berjumlah sekiatar 70 org.indahnya kebersamàan.


Selasa, 20 Juni 2017 23:11
8 |
Alhamdulillah.... giat hari Senin 19 Juni 2017, di depan sekertariat Granat DPD Jabar. Bravo Granat
Senin, 19 Juni 2017 20:08
4 | 7 |
Terima kasih buat pak jilal mardhani yg telah mengizinkan saya bergabung di grup granat ini Salam kenal buat semuanya
Senin, 19 Juni 2017 20:08
2 |
Kami menghrpkan tmn2 Granat seluruh Indonesia....punya ke khas an dan metoda Unggulan dlm upy Cegah n Tangkal Bahaya Narkoba di wilayah n lingkungan msg2.
Senin, 19 Juni 2017 10:10
10 | 5 |
KETUA DPC GRANAT KOTA LANGSA ISLAMSYAH MTA MENYAMPAIKAN P4GN DI ACARA BUKA PUASA BERSAMA DPD II KNPI KOTA LANGSA DI RESTORAN RENGGALI MINGGU 18 JUNI 2017. BERSAMA PEMUDA SIGAP DALAM MISI DAN VISI PERANG MELAWAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA.


Senin, 19 Juni 2017 05:05
9 | 2 |

Gallery

  • RAD Founder Running for Supervisor, Western Edition, September 1996
  • RADical Times, Residents Against Druggies, Newsletter, July 1 1995, 1 of 4
  • I'm tripping on that shirt-collar already #vinyl #album #weirdrecords #charityshopfind #thriftstorefinds #religiousrecords #antidrugs #evangelist #preacher #shitshirt #vinylvulture #vinyladdict #vinylporn #cratedigging #rarerecords #albumcover #retrofashi
  • #poet @BevanBoggenpoel is launching 🚀his #debut #poetry #book in #partnership with @milborrowmedia on 1 December 2016. #verse #poems #love #hate #hope #antigangsterism #antidrugs #education #youth
  • Toadstools
  • VID_52900928_144855
  • Antidrug at park of Whittier,California
  • Antidrug at park of Whittier,California
  • 160626_ANTIDRUG OH_GROUP SHOT
  • Uni-Papua-Fc-Landak-with-Leaders-2
  • Uni-Papua-Fc-Landak-with-Leaders-1
  • Anti-Drug and Alcohol

Video

Dialog: Bersihkan TNI dari Narkoba # 4
Perang melawan narkoba menjadi pekerjaan rumah serius yang harus melibatkan seluruh elemen bangsa. Ironisnya ketika perang melawan narkoba…