/ Artikel / Pertanyaan dan Jawaban

Pertanyaan dan Jawaban

*Dikumpulkan dari berbagai sumber di Internet

  • Apa yang dimaksud dengan Narkoba?

Banyak istilah yang digunakan untuk menjelaskan masalah ini. Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan bahan-bahan berbahaya. Sedangkan Napza adalah singkatan dari narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya.

  • Bagaimana penjelasannya?

Golongan narkotika terdiri dari ganja, kokain, morfin dan heroin. Psikotropika adalah semua bahan / obat yang dapat mempengaruhi jiwa, seperti metamphetamin, zat-zat yang menimbulkan efek sedatif / hipnotik dan halusinogenik. Bahan berbahaya lainnya adalah alkohol yang terdapat dalam minuman keras. LSD (Lysergic Dyethilamide), sementara zat adiktif lainnya meliputi lem dan bahan pelarut. Semua bahan-bahan ini berpotensi menimbulkan ketergantungan.

  • Bagaimana cara kerja narkoba di dalam tubuh?

Narkoba digolongkan dalam 3 bagian, tergantung pada efek yang ditimbulkannya terhadap tubuh : 1. Depresan : bekerja menekan fungsi kesadaran dan menenangkan, seperti golongan opiat (morfin, petidin, kodein, heroin/putaw). Inhalan (zat yang dihirup) seperti lem, tinta, thinner/pengencer cat, dan alkohol. 2. Stimulan : bekerja memacu kerja susunan sistem saraf pusat seperti rokok, amphetamin, metamphetamin alias shabu-shabu, MDMA (metilen dioksi metamphetamin) alias ecstasy, dan kokain 3. Halusinogen : bekerja menimbulkan efek halusinasi / khayalan seperti ganja, mariyuana, LSD dan magic mushroom

  • Apakah heroin itu?

! Heroin dikenal juga dengan nama putaw, putih, bedak, PT, etep * merupakan zat penghilang rasa nyeri yang sangat kuat * jenis yang populer di Indonesia adalah putaw (heroin kelas 5 atau 6) * dibuat dalam bentuk serbuk / larutan * heroin akan sangat cepat “mengikat” dirimu secara fisik dan mental * heroin bikin kamu jadi bodoh dan lamban serta merusak konsentrasi * zat ini paling sering meninmbulkan kematian akibat Over Dosis (OD) * pemakaian heoin melalui jarum suntik kotor yang dipakai bergantian akan meningkatkan risiko terinfeksi HIV/AID

  • Tanda – tanda orang ketagihan heroin?

* rasa sakit yang sangat hebat * kejang – kejang, keram perut dan menggelepar * gemetar dan muntah – muntah * hidung berlendir dan mata berair * kehilangan nafsu makan * kekurangan cairan tubuh

  • Bagaimana dengan kerusakan yang ditimbulkan oleh inhalen?

* inhalen adalah zat yang terdapat pada lem dan pengencer cat (thinner) * penggunaannya dengan cara dihirup, dapat mengakibatkan kematian mendadak seperti tercekik (Sudden Sniffing Death Syndrome) * dapat merusak pertumbuhan dan perkembangan otot, syaraf dan organ tubuh lain * menghirup sambil menggunakan obat anti depresi seperti obat penenang, obat tidur, alkohol akan meningkatkan resiko Over Dosis dan menyebabkan kematian * bila pengguna melakukan aktivitas normal seperti berlari atau berteriak, dapat mengakibatkan kematian karena gagal jantung

  • Akibat menggunakan inhalen?

* kerusakan hati dan ginjal * kehilangan ingatan, tidak dapat berfikir * sakit maag, mual dan muntah * mudah berdarah dan memar * kerusakan sistem syaraf utama * sakit pada waktu buang air kecil * kejang – kejang otot * batuk – batuk

  • Bagaimana dengan Amphetamin (amphet) ?

* biasanya berbentuk pil, kapsul dan serbuk * memberikan rangsangan bagi perasaan manusia * salah satu jenis amphetamin adalah metamphetamin yang memiliki efek rangsangan kuat terhadap sistem saraf. Contohnya adalah ice, shabu, dll * pemakai akan terikat secara fisik dan mental * amphetamin akan merangsang tubuh melampaui batas maksimum dari kekuatan fisik * kamu tetap merasa aktif walaupun tubuh sudah sangat lelah * jika tubuh tidak dapat lagi menanggung beban, kamu dapat pingsan dan mati karena kelelahan

  • Akibat menggunakan Amphetamin?

* penurunan berat badan * kelihatan seperti kurang tidur * denyut nadi tidak beraturan * pingsan karena kelelahan * tekanan darah tinggi * paranoid yang parah (parno)

  • Apakah Shabu itu?

Shabu dikenal juga dengan nama kristal, ubas, SS, mecin. * bentuknya seperti kristal, tidak berbau dan tidak berwarna * mengakibatkan efek yang kuat pada sistem saraf * pemakai akan bergantung secara fisik dan mental * penggunaan terus menerus dapat merusak otot jantung, bahkan kematian * memicu kerja tubuh melampaui ambang batas kekuatan fisik * pemakai merasa fly dengan perasaan enak yang bersifat sementara lalu berangsur-angsur mengakibatkan kegelisahan luar biasa * efek langsung penggunaannya menjurus pada perilaku kekerasan * dapat menyebabkan impotensi * overdosis mengakibatkan kerusakan lever dan paru-paru bahkan kematian

  • Apakah akibatnya jika menggunakan shabu?

* berat badan menyusut * kejang – kejang * kerusakan ginjal dan jantung * impoten * halusinasi dan paranoid * serangan jantung * kematian

  • Apakah Ecstasy itu

Ecstasy dikenal juga dengan nama Inex, I, kancing, disco biscuit. Dibuat dalam bentuk tablet dan kapsul. Selain itum ectassy juga merupakan zat kimia berbahaya yang sering dicampur sehingga berakibat buruk bagi tubuh, seperti campuran insektisida, pil KB, bahkan zat-zat kimia yang tidak diketahui. Ectassy jugadiproduksi secara ilegal di laboratorium dan dapat mendorong tubuh melakukan aktivitas yang melampaui batas maksimum. Aktivitas yang berlebihan mengakibatkan tubuh kekurangan cairan, maka pemakai dapat meninggal karena terlalu banyak minum air akibat rasa hausnya Ecstasy menyebabkan denyut nadi cepat, serta menimbulkan paranoia dan halusinasi

  • Akibat menggunakan ecstasy?

* diare * hiperaktif * denyut nadi yang sangat cepat, gemetar tak terkontrol * kehilangan selera makan, mual dan muntah * rasa haus yang amat sangat * sakit kepala dan pusing – pusing

  • Apakah Ganja itu ?

Ganja dikenal juga dengan nama cannabis, mariyuana, cimeng, hashish, rumput / grass, pot. Terdapat dalam bentuk daun segar, daun kering, lintingan seperti rokok, dan serbuk. * menimbulkan efek halusinasi / khayalan * dapat membuat ketagihan secara mental * pikiran menjadi lamban dan bodoh * mempengaruhi konsentrasi dan ingatan * kemampuan belajar menjadi turun * sering kali pengguna mencari obat-obatan lebih keras dan lebih mematikan * mengandung bahan kimia delta-9 tetrahydrocannabinol (THC) yang dapat memengaruhi pemakai dalam cara melihat dan mendengar hal – hal disekitarnya * survey membuktikan bahwa pemakaian ganja dalam waktu panjang dapat menyebabkan schizophrenia atau kegilaan

  • Akibat menggunakan ganja?

* meningkatkan denyut nadi, keseimbangan dan koordinasi tubuh yang buruk * ketakutan, kebingungan * depresi, halusinasi

  • Emangnya apa sih pengaruh narkoba buat kita?

Sebagian besar kita memahami kecanduan atau adiksi hanya sebatas rasa sakit yang terjadi pada seorang pecandu, padahal dampaknya bukan hanya pada diri orang tersebut, tapi juga pada orang di sekitarnya seperti ayah, ibu, kakak, adik, pacar, suami atau istri pecandu, bahkan juga terhadap keluarga besar dan teman-teman sekolah atau kuliahnya.

  • Apa hubungannya dengan kelakuan kita sehari – hari?

Pecandu biasanya akan memperlihatkan perilaku yang tidak dapat diterima oleh orang disekelilingnya seperti menjadi malas, suka bohong, mencuri, dll

  • Kenapa kita mesti menjauhi narkoba?

Karena dampaknya berakibat sangat buruk bagi diri kita sendiri dan keluarga serta pasangan kita. Dampak ini berlangsung sejak kita mulai menggunakannya, hingga seumur hidup kita. Bukan hanya dari segi kesehatan, tapi juga dari segi psikologis, sosial, ekonomi, dll

  • Bagaimana caranya biar gak terjerumus narkoba?

Yang jelas kita harus mengeti dulu tentang jenis – jenis narkoba, dan dampak dari pemakaiannya bagi tubuh kita. Bila sudah paham, pikirkanlah baik – baik sebelum mengambil keputusan. Hidup ini penuh dengan pilihan – pilihan, karena itu pilihlah yang terbaik untuk hidupmu

  • Apa sih tanda-tandanya kalau orang mulai kecanduan narkoba?

Tanda – tanda ini bisa menjadi salah satu petunjuk untuk mengenali seorang pemakai, tapi bisa saja terjadi bahwa tanda – tanda ini terjadi karena pengaruh lain. Tanda-tanda itu adalah sebagai berikut: * terlalu sensitif, menjadi kasar dan tidak sopan * cepat bosan dan pelupa * suka berbohong, suka menyendiri dan penuh rahasia * bicaranya ngga nyambung, kadang tertawa atau menangis tanpa alasan * tidak peduli pada kebersihan tubuh atau penampilan * jorok, malas mandi, ekspresi wajah kuyu, muka pucat, mata merah * prestasi belajar sangat menurun * gampang curiga pada setiap orang (paranoid) * sering pilek, batuk dan menguap * nafsiu makan hilang / meningkat / tidak teratur * kadang hiperaktif dan bertingkah menarik perhatian * kebutuhan uang meningkat, tapi sering kehabisan uang * mencuri kecil-kecilan maupun besar-besaran

______________________________________________

Syringe / Jarum Suntik

 

Sumber: http://www.babyjimaditya.com/faq/narkoba/

IT’S TIME TO LEARN ABOUT DRUG ABUSE

Jangan Cuek !!

Jumlah pecandu narkoba suntik di Indonesia sudah lebih dari 800.000 orang dan sebagian besar adalah REMAJA.

Setengah dari pecandu narkoba suntik berpotensi terinfeksi HIV dan AIDS.

Jadi …. STOP NARKOBA  mulai SEKARANG !!!

Wake up !!

DRUGS AREN’T THE ANSWER.

Apa yang dimaksud dengan istilah narkoba atau napza itu?

Banyak istilah yang digunakan untuk menjelaskan masalah ini. Napza adalah singkatan dari narkotika, bahan berbahaya dan psikotropika dan zat adiktif lainnya. Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan bahan-bahan berbahaya.

Bagaimana penjelasannya?

Golongan narkotika terdiri dari ganja, kokain, morfin dan heroin.

Psikotropika adalah semua bahan / obat yang dapat mempengaruhi jiwa, seperti metamphetamine, zat-zat yang menimbulkan efek sedatif / hipnotik dan halusinogenik.

Bahan berbahaya lainnya adalah alkohol yang terdapat dalam minuman keras, LSD (Lysergic Diethylamide), sementara zat adiktif lainnya meliputi lem dan bahan pelarut. Semua bahan ini berpotensi menimbulkan ketergantungan.

 

Bagaimana cara narkoba bekerja di dalam tubuh?

Narkoba di golongkan ke dalam 3 bagian, tergantung pada efek yang ditimbulkannya pada tubuh:

Depressan : yang menekan fungsi kesadaran dan menenangkan, seperti golongan Opiat (morfin, peditin, kodein, heroin/putaw), dan Inhalan (zat yang dihirup) seperti lem, tinta, tiner/pengencer cat dan alcohol.

Stimulan : yang memacu kerja susunan system saraf pusat, seperti rokok, amphetamine, metamphetamine alias shabu, MDMA (Metilen dioksi metamphetamine alias ecstasy), dan kokain.

Halusinogen : yang menimbulkan efek halusinasi / khayalan seperti ganja, mariyuana, LSD dan magic mushroom.

 

Bagaimana dampak heroin bagi tubuh?

HEROIN (putaw, putih, bedak, PT, etep)

  • Merupakan zat penghilang rasa nyeri yang sangat kuat
  • Jenis yang popular di Indonesia adalah putaw (heroin kelas 5 atau 6)
  • Dibuat dalam bentuk serbuk atau larutan
  • Jika kamu mencoba, heroin akan sangat cepat mengikat kamu dalam kecanduan secara fisik dan mental
  • Heroin bikin kamu jadi bodoh dan lamban, serta merusak konsentrasi
  • Zat yang paling sering menimbulkan kematian akibat Over Dosis (OD).

Bagaimana tanda-tanda orang ketagihan heroin ?

  • Rasa sakit yang sangat hebat
  • Kejang-kejang
  • Gemetar dan muntah-muntah
  • Mata berair
  • Kehilangan nafsu makan
  • Kram perut dan menggelepar
  • Hidung berlendir
  • Kekurangan cairan tubuh

Bagaimana dengan kerusakan yang ditimbulkan oleh inhalen?

  • Inhalen adalah zat yang terdapat dalam lem dan pengencer cat (thinner)
  • Penggunaannya dengan cara dihirup yang dapat mengakibatkan kematian mendadak seperti  tercekik (Sudden Sniffing Death Syndrome)
  • Dapat merusak pertumbuhan dan perkembangan otot, syaraf dan organ tubuh lain
  • Bila menghirup zat ini sambil menggunakan obat anti depresi seperti obat penenang, obat tidur atau alkohol akan meningkatkan resiko Over Dosis (OD) dan menyebabkan kematian.
  • Bila pengguna melakukan aktivitas normal seperti berlari atau berteriak, dapat mengakibatkan kematian karena gagal jantung

 

Bagaimana akibatnya jika  menggunakan inhalen ?

  • Kerusakan hati dan ginjal
  • Kehilangan ingatan
  • Mual dan muntah
  • Tidak dapat berpikir
  • Mudah berdarah dan memar
  • Kerusakan sistem syaraf utama
  • Sakit maag
  • Sakit pada waktu buang air kecil
  • Kejang-kejang otot
  • Batuk-batuk

 

Bagaimana dengan Amphetamine (amphet)?

  • Biasanya berbentuk pil, kapsul dan serbuk
  • Memberikan rangsangan bagi perasaan manusia
  • Salah satu jenis amphetamine yakni metaphetamine memiliki efek rangsangan kuat terhadap system saraf. Contohnya adalah iceshabu, dll
  • Pemakai akan terikat secara fisik dan mental
  • Amphetamine akan merangsang tubuh melampaui batas maksimum dari kekuatan fisik
  • Kamu tetap merasa aktif walaupun tubuh sudah sangat lelah
  • Jika tubuh tidak dapat lagi menanggung beban, kamu dapat pingsan dan mati karena kelelahan.

 

Akibat menggunakan Amphetamine:

  • Penurunan berat badan
  • Kelihatan seperti kurang tidur
  • Denyut nadi tidak beraturan
  • Pingsan karena sangat kelelahan
  • Tekanan darah tinggi
  • Paranoid yang parah (parno)

 

Saya sering dengar tentang shabu, apa sih itu?

SHABU (kristal, ubas, SS, mecin) adalah nama populer untukmetaphetamine

  • Bentuknya seperti kristal, tidak berbau dan tidak berwarna
  • Mengakibatkan efek yang kuat pada sistem saraf
  • Pemakai akan tergantung secara fisik dan mental
  • Penggunaan terus menerus dapat merusak otot jantung, bahkan kematian
  • Memicu kerja tubuh melampaui ambang batas kekuatan fisik
  • Pemakai merasa fly atau giting dengan perasaan enak sementara, yang berangsur-angsur akan membangkitkan kegelisahan luar biasa.
  • Efek langsung penggunaannya menjurus pada perilaku kekerasan.
  • Dapat menyebabkan impotensi
  • Over Dosis menyebabkan kerusakan lever dan paru-paru bahkan kematian

 

Bagaimana akibatnya jika  menggunakan shabu?

  • Berat badan menyusut
  • Kejang-kejang
  • Kerusakan ginjal
  • Kerusakan jantung
  • Impotensi
  • Halusinasi
  • Paranoid
  • Serangan jantung
  • Kematian

 

Kalo Ecstasy itu seperti apa, sih?

ECSTASY (inex, I, kancing, disco biscuit) adalah jenis narkoba yang dibuat dalam bentuk tablet dan kapsul.

  • Merupakan zat kimia berbahaya yang sering dicampur zat lain sehingga berakibat buruk bagi tubuh, seperti campuran insektisida, pil KB bahkan zat-zat kimia yang tidak diketahui
  • Diproduksi secara illegal
  • Mendorong tubuh melakukan aktivitas yang melampaui batas maksimum. Aktivitas yang berlebihan menyebabkan tubuh kekurangan cairan, maka pemakai dapat meninggal karena terlalu banyak minum air akibat rasa hausnya.
  • Ecstasy menyebabkan denyut nadi cepat, serta menimbulkan paranoiddan halusinasi

 

Akibat menggunakan Ecstasy:

  • Diare
  • Hiperaktif
  • Gemetar tak terkontrol
  • Denyut nadi yang sangat cepat
  • Mual dan muntah
  • Kehilangan selera makan
  • Rasa haus yang amat sangat
  • Sakit kepala dan pusing-pusing

 

Banyak orang menganggap menggunakan ganja tidak masalah karena seperti merokok saja. Bagaimana dampaknya jika orang menggunakan Ganja?

GANJA (cannabis, mariyuana, cimeng, hashish, rumput/grass, pot)

  • Menimbulkan efek halusinasi / khayalan
  • Dapat membuat ketagihan secara mental
  • Pikiran menjadi lamban dan bodoh
  • Mempengaruhi konsentrasi dan ingatan
  • Kemampuan belajar menjadi turun
  • Seringkali pengguna mencari obat-obatan yang lebih keras dan lebih mematikan
  • Mengandung bahan kimia delta-9 tetrahydrocannabinol (THC) yang dapat mempengaruhi pemakai dalam cara melihat dan mendengar hal-hal disekitarnya.
  • Survey membuktikan bahwa pemakaian ganja dalam waktu panjang dapat menyebabkan schizophrenia atau kegilaan

 

Akibat menggunakan ganja:

  • Meningkatkan denyut nadi, keseimbangan dan koordinasi tubuh yang buruk
  • Ketakutan
  • Depresi
  • Kebingungan
  • Halusinasi

Emangnya apa sih pengaruh narkoba buat kita?

Sebagian besar kita memahami kecanduan atau adiksi hanya sebatas rasa sakit yang terjadi pada seorang pecandu. Padahal dampaknya bukan hanya pada diri orang tersebut, tapi juga pada orang disekitarnya seperti ayah, ibu, kakak, adik, pacar, suami atau istri pecandu, bahkan juga terhadap keluarga besar dan teman-teman sekolah atau kuliahnya.

Apa hubungannya pake narkoba dengan kelakuan kita sehari-hari?

Pecandu biasanya akan memperlihatkan perilaku yang tidak dapat diterima oleh orang disekelilingnya seperti menjadi malas, suka bohong, mencuri, dll.

Kenapa sih kita mesti menjauhi narkoba?

Karena dampaknya berakibat sangat buruk bagi diri kita dan keluarga serta pasangan kita. Dampak ini berlangsung sejak kita mulai menggunakannya, hingga seumur hidup kita. Bukan hanya dari segi kesehatan, tapi juga dari segi psikologis, sosial, ekonomi, dll.

Tapi kata orang, kalau nggak ikut pake, nggak gaul. Jadi gimana caranya biar gak terjerumus narkoba?

Yang jelas kita harus mengerti dulu tentang jenis-jenis narkoba, dan dampak dari pemakaiannya bagi tubuh kita. Bila sudah paham, pikirkanlah dulu baik-baik sebelum mengambil keputusan. Hidup ini penuh dengan pilihan-pilihan, karena itu pilihlah yang terbaik untuk hidupmu.

Tapi kok, banyak juga orang yang udah ngerti soal narkoba, tapi tetep pake narkoba?

Memang tidak mudah menentukan pilihan. Selain mempunyai informasi yang tepat, kita juga harus mempunyai motivasi yang kuat dan mendapat dukungan dari orang terdekat agar bisa menentukan pilihan yang benar.

Apa sih tanda-tandanya kalau orang mulai kecanduan narkoba?

Tanda-tanda ini bisa menjadi salah satu petunjuk untuk mengenali seorang pemakai, tapi bisa saja terjadi bahwa tanda-tanda ini terjadi karena pengaruh lain.

  • Terlalu sensitif
  • Cepat bosan dan pelupa
  • Suka berbohong
  • Bicaranya ngga nyambung, kadang tertawa atau menangis tanpa alasan
  • Tidak perduli pada kebersihan tubuh atau penampilan
  • Jorok, malas mandi
  • Prestasi belajar sangat menurun
  • Menjadi kasar dan tidak sopan
  • Gampang curiga pada setiap orang (paranoid)
  • Suka menyendiri dan penuh rahasia
  • Ekspresi wajah kuyu, muka pucat, mata merah
  • Sering pilek, batuk dan menguap
  • Nafsu makan hilang / meningkat / tidak teratur
  • Kadang hiperaktif dan bertingkah menarik perhatian
  • Kebutuhan uang meningkat, tapi sering kehabisan uang
  • Mencuri kecil-kecil maupun besar-besaran

 

Tapi banyak yang bilang bahwa kalo cuma pake sekali, atau coba-coba ngga bakal ketagihan?

Itu anggapan yang keliru. Sekali kamu mencoba, kamu akan segera jadi nagih dan akan terus ketagihan, sehingga sulit untuk melepaskan diri dari jeratan narkoba. Akhirnya kamu akan melaksanakan cara apa saja untuk memenuhi kebutuhan akan kecanduan ini. Biasanya orang yang mengajak kamu pake narkoba akan memberikan gratis dulu untuk pemakaian pertama. Setelah itu kamu akan ketagihan dan melakukkan apa saja untuk memenuhi kecanduan seperti berbohong, mencuri, malak, dsb.

Tahap coba-coba membuat orang mulai merasakan suatu kebutuhan untuk menaikkan dosisnya, mengingat ada beberapa tahapan dalam proses seseorang menjadi kecanduan, yaitu:

  1. Tahapan coba-coba : mulai dengan pemakaian pertama, lalu kedua, kemudian stop.
  2. Tahap rekreasi  : pemakaian hanya sewaktu-waktu saja
  3. Tahap adiksi (kecanduan) : pemakaian setiap hari
  4. Tahap kompulsi  : pemakaian setiap hari dengan dosis yang meningkat

Kenapa orang yang kecanduan narkoba perilakunya menjadi sulit dipahami / berubah?

Pemakaian narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya membuat orang mengalami gangguan pada fungsi biologi, psikologi dan sosial. Kerusakan biologis misalnya pada otak, jantung, paru-paru, gerakan tubuh tidak terkontrol.

Dari sisi psikologis seperti tidak tahan terhadap stress, cepat lupa dan sangat sulit mengingat sesuatu, serta sangat emosional. Juga terganggunya hubungan antara dirinya dengan orang lain karena adanya kerusakan dalam cara berpikir, berperilaku dan mengambil keputusan.

Kenapa seorang pecandu bisa ketularan AIDS?

Para pemakai narkoba yang menggunakan jarum suntik seperti pecandu heroin, biasanya mereka bertukar jarum suntik tidak steril secara bergantian antara 20-150 orang. Dengan demikian bisa terjadi penularan virus Hepatitis C, HIV / AIDS dan Penyakit Menular Seksual. Selain itu bisa saja terjadi mereka melakukan hubungan seks tidak aman (tanpa kondom) yang memungkinkan penularan penyakit tersebut.

Apakah kalau pake narkoba selain heroin bisa tertular HIV / AIDS?

Karena dalam diri seorang pecandu terjadi kerusakan cara berpikir dan mengambil keputusan, mereka tidak bisa memutuskan apakah dalam melakukan hubungan seks bisa tertular penyakit atau tidak. Mungkin secara langsung mereka tidak menggunakan jarum suntik kotor, tapi dalam keadaan tidak sadar mungkin saja melakukan hubungan seks tidak aman (tanpa kondom), baik dengan sesama pecandu maupun dengan kelompok non-pecandu.